4 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Jaga Kesehatan Kulit

4 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Jaga Kesehatan Kulit

bayi dan anak

Memiliki kulit yang sensitif dan rentan, membuat para orangtua harus ekstra hati hati dalam melakukan perawatan untuk kulit bayi baru lahir. Sehingga produk perawatan bayi baru lahir tidak hanya seputar popok dan pakaian bayi saja, namun produk esensial untuk menjaga kesehatan kulitnya juga penting diperhatikan. Berikut beberapa di antaranya yang perlu bunda siapkan.

Produk Esensial untuk Perawatan Kulit Bayi

  1. Sabun dan Shampo

Meski bayi baru lahir tidak perlu terlalu sering mandi, namun anda tetap perlu memandikannya beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga kesegaran tubuhnya. Maka dari itu sabun dan shampo ini perlu dipersiapkan dengan baik. Tentunya memilih sabun dan shampo untuk bayi tidak sama dengan memilih produk untuk orang dewasa.

Anda perlu cermat dalam memilihnya karena kulit bayi yang masih begitu sensitif. Hindari kandungan alkohol serta berbagai bahan kimia lainnya dalam produk sabun dan shampo untuk bayi. Jika menemukan tanda tanda alergi, maka segera hentikan penggunaan karena itu berarti produk tersebut tidak cocok pada kulit si kecil.

Selain itu, pilih produk perawatan bayi baru lahir ini yang tidak pedih di mata. Sebab mata bayi yang baru lahir umumnya belum mempunyai refleks kuat. Sehingga risiko sabun atau shampo yang terkena mata tentu cukup besar. Jadi selain hati hati saat memandikan si kecil, anda juga perlu mencari produk yang aman.

  1. Krim Anti Ruam

Penggunaan popok terlebih dalam waktu lama, terkadang bisa menyebabkan ruam pada kulit bayi baru lahir. Ini terjadi lantaran kulit yang ada di daerah tertutupi popok cenderung jauh lebih lembap, sehingga menyebabkan ruam. Agar ruam tersebut tidak menjadi masalah yang lebih besar dan berkembang, maka siapkan baby cream sebagai krim anti ruam.

  1. Lotion Pelembap

Kondisi kulit yang kering bisa membuat kulit menjadi lebih mudah pecah pecah dan iritasi. Dalam hal ini, kulit bayi baru lahir cenderung lebih mudah kering bila dibandingkan orang dewasa. Untuk menghindari iritasi, anda sebaiknya menggunakan lotion pelembap untuk kulit si kecil. Namun pastikan penggunaan lotion juga tidak berlebihan, agar tidak menjadi biang keringat.

  1. Baby Oil

Apabila si kecil tidak begitu cocok menggunakan pelembap, produk perawatan bayi baru lahir yang bisa menjadi alternatifnya yaitu baby oil. Baby oil ini dapat menyerap minyak berlebih pada kulit, sehingga membuatnya menjadi lembap. Bahkan penggunaan produk ini juga bisa melindungi kulit si kecil dari beberapa masalah kulit, seperti ruam dan lain sebagainya.

Tentunya produk produk seperti di atas juga tidak boleh sembpastarang dipilih. Cari yang memang khusus diformulasikan untuk bayi, dan pastikan bahwa setiap kandungannya aman serta tidak ada bahan kimia berbahaya. Mudahnya, anda bisa memilih berbagai produk dari Mitu Baby yang sudah teruji aman secara klinis, bahkan anti alergi.