Mengintip Berbagai Kegunaan Panel Surya dalam Kehidupan Sehari Hari

Menjadi inovasi bagi peradaban manusia, panel surya kini semakin dikembangkan dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat terlebih mereka yang tidak begitu terjangkau aliran listrik PLN. Apalagi sistem pembangkit listrik satu ini terbilang ramah lingkungan dan fungsi panel surya juga beragam. Apa saja fungsinya ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Kegunaan dari Panel Surya

panel surya

  1. Memenuhi Kebutuhan Listrik pada Daerah Tanpa Listrik

Seperti yang telah disinggung di awal, penggunaan dari panel surya memang lebih banyak pada daerah dengan jangkau listrik PLN kurang memadai atau bahkan tidak ada sama sekali. Panel surya ini tentu akan sangat membantu daerah tersebut, agar dapat menikmati listrik seperti pada daerah lainnya mulai dari untuk menerangi rumah, setrika, hingga mengisi daya gawai.

  1. Penerang Jalan Ramah Lingkungan

Jalan jalan perkotaan maupun pedesaan kini sudah dipenuhi dengan lampu, untuk mengurangi tingkat kecelakaan maupun tingkat kriminalitas yang bisa terjadi. Tentunya dibutuhkan energi listrik yang cukup besar untuk menerangi setiap jalan yang ada. Jika hanya mengandalkan listrik biasa, bayangkan berapa banyak bahan bakar yang diperlukan.

Di tambah lagi bahan bakar tersebut tidak terbarukan dan dalam prosesnya bisa meninggalkan emisi rumah kaca. Lain halnya bila menggunakan panel surya, karena sistem ini memanfaatkan energi matahari yang notabene merupakan sumber energi terbesar dan terbarukan. Tentu penerangan jalan bisa dilakukan dengan tetap mengedepankan kesejahteraan lingkungan.

  1. Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Fungsi panel surya dalam penggunaanya juga bisa mengurangi emisi rumah kaca. Karena seperti yang telah disebutkan, pembangkit listrik tenaga surya mengandalkan energi matahari atau tenaga surya dalam menghasilkan listrik. Jadi pada prosesnya, sistem ini hanya akan menghasilkan listrik tanpa mengeluarkan emisi kotor yang memicu efek rumah kaca.

Tentu berbeda dengan listrik biasanya yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil cenderung sangat sulit untuk diperbarui, dan batubara serta minyak bumi juga perlu diproses terlebih dahulu dalam prosesnya. Sehingga mengeluarkan emisi kotor yang dapat memperburuk efek rumah kaca.

  1. Menghemat Penggunaan Listrik PLN

Apabila menempatkan panel surya di rumah, anda bisa melakukan penghematan terhadap konsumsi listrik PLN. Sehingga tagihan listrik yang diterima per bulannya akan jauh lebih terjangkau dan tidak menguras kantong terlalu dalam. Meski harga dari panel surya sendiri sebenarnya terbilang cukup besar.

Kendati demikian, anda tetap bisa lebih untung jika menggunakan sistem ini. Pasalnya tidak banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan setelah memilikinya. Sebab fungsi panel surya bisa anda rasakan tanpa harus menyediakan bahan bakar berbayar, dan perawatannya juga relatif mudah. Jadi alat ini bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang.

Semakin berkembangnya inovasi dari pembangkit listrik tenaga surya memang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Beberapa fungsi di atas adalah beberapa di antaranya yang dapat anda rasakan. Apabila tertarik menggunakan panel surya dengan harga cukup terjangkau, anda bisa langsung mengecek di sunenergy.id.

One thought to “Mengintip Berbagai Kegunaan Panel Surya dalam Kehidupan Sehari Hari”

  1. Pingback: Triyono S

Leave a Reply