penyakit gagal jantung

Lakukan Hal-Hal Berikut Untuk Cegah Penyakit Gagal Jantung

Segala jenis penyakit yang menyangkut jantung memang selalu terdengar menyeramkan. Pasalnya, jantung merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Salah satu penyakit yang bisa menyerang jantung adalah penyakit gagal jantung. Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit ini. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya.

Hal-Hal yang Dapat Mencegah Gagal Jantung

  1. Menjaga Berat Badan

Gagal jantung merupakan penyakit dengan kondisi pompa jantung melemah, sehingga tidak sanggup untuk menyuplai darah dengan maksimal ke seluruh tubuh. Penderita gagal jantung memerlukan bantuan untuk membuat jantungnya bekerja dengan baik. Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit ini, salah satunya tidak memperhatikan berat badan.

Berat badan yang berlebih membuat tumpukan lemak di dalam tubuh tidak terkendali, terlebih bagi orang yang mengalami obesitas. Lemak ini sangat berbahaya jika sampai mempengaruhi kerja jantung. Oleh karena itu, salah satu upaya pencegahan yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

  1. Menghindari Rokok dan Alkohol

Kunci dari pencegahan penyakit gagal jantung adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Memakan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur serta menghindari rokok dan alkohol. Orang yang sering mengonsumsi alkohol dan merokok akan lebih mudah untuk terserang penyakit, salah satunya gagal jantung.

Sebab, zat yang ada di dalam rokok dan alkohol memberikan efek yang buruk ke tubuh dan organ-organ di dalamnya. Tidak hanya gagal jantung, seorang perokok atau pecandu alkohol juga bisa terserang penyakit lainnya, seperti paru-paru, disfungsi seksual, kanker, diabetes, gangguan kehamilan, kerusakan tulang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Gejala Penyakit Jantung pada Wanita

  1. Olahraga Secara Rutin

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga yang berat, anda bisa memilih olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki atau lari-lari kecil. Meskipun olahraga ringan, namun manfaatnya sangat luar biasa jika dilakukan secara konsisten.

Dengan berolahraga, maka kesehatan jantung akan terjaga dan bekerja dengan baik, sehingga dapat menghindarkan anda dari penyakit gagal jantung. Tidak hanya itu, olahraga juga baik untuk menjaga stamina tubuh, sehingga kondisi tubuh menjadi lebih bugar dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

  1. Istirahat yang Cukup

Tidak sering begadang adalah pilihan yang bijak untuk mencegah gagal jantung. Istirahat yang cukup tidak hanya menjaga kesehatan jantung, tetapi juga bisa membuat anda tidak mudah stres atau depresi. Sebab, tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk mengondisikan seluruh kinerja organ-organ.

Pada dasarnya, hal terpenting yang bisa anda lakukan untuk mencegah gagal jantung adalah dengan menjaga pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara rutin atau mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat. Selain itu, anda juga harus mengatur waktu tidur anda dengan baik dan tidak mengonsumsi alkohol atau merokok.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung untuk memastikan kondisi jantung anda, atau untuk mendapatkan pilihan pengobatan atau tindakan medis yang pas untuk penyakit gagal jantung di rumah sakit jantung yang memiliki layanan lengkap untuk kesehatan jantung.

Salah satu dokter ahli jantung yang memiliki keahlian di bidang gagal jantung adalah dr Dicky Armein Hanafy yang kini berpraktek di Heartology. Buat janji konsultasi dengan dr. Dicky di website Heartology : https://heartology.id/