Pengaruh Media Sosial

Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar

Kecanggihan teknologi, perkembangan internet, dan munculnya berbagai macam media sosial semakin memudahkan kita untuk mendapatkan informasi serta berkomunikasi. Keberadaan teknologi, internet, serta media sosial membawa pengaruh yang berbeda pada setiap orang. Dalam dunia pendidikan khususnya, pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar sering terlihat sebagai pengaruh buruk terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini mungkin saja terjadi karena siswa biasanya lebih memilih untuk beraktivitas online di media sosial dari pada belajar. Pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar siswa ini membuat siswa malas untuk belajar dari buku catatan hingga akhirnya menurunkan prestasi belajar.

Namun sebenarnya hal ini bisa disiasati yang akhirnya bisa membawa dampak baik dari pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar siswa. Dengan memanfaatkan media sosial dalam proses belajar, pembelajaran para siswa bisa semakin menarik dan para siswa pun bisa jadi semakin termotivasi untuk belajar. Proses belajar sendiri sebenarnya merupakan sebuah proses penyampaian ilmu pengetahuan dan informasi. Hal ini sesuai dengan fungsi dan peran media sosial untuk menyebarkan informasi dan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih praktis dan interaktif.

Baca : Sejarah Media Sosial Menjadi Dampak Bisnis Modern

Pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar bisa dibawa ke arah yang lebih baik dengan menggunakan media sosial sebagai sarana pembelajaran. Para guru bisa membuat sebuah grup belajar di dalam media sosial dan bisa berbagi materi pembelajaran dengan format yang lebih menarik seperti video atau info dalam gambar. Selain itu para siswa juga bisa berbagi hasil temuannya tentang materi pelajaran yang disampaikan. Dengan begini, guru dan siswa bisa ikut aktif serta interaktif sehingga membawa dampak positif pada pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar.

Selain mengajarkan materi pelajaran yang diajarkan, para siswa juga bisa belajar tentang teknologi informasi serta belajar memilih informasi yang benar untuk diserap dan dibagikan ke pada teman-teman serta gurunya. Pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar juga menjadikan ruang kelas tanpa batas, yakni dengan proses pembelajaran e-learning yang tidak terbatas ruang kelas, jarak, dan waktu.

Baca : Teori Media Sosial Menurut Para Ahli Dunia

Leave a Reply