membeli sabun bayi

5 Alasan Pentingnya Memperhatikan Tingkat pH Ketika Membeli Sabun Bayi

Merawat kesehatan kulit si kecil tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, sebab bunda harus cermat memilih produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya. Bahkan hal yang sepele seperti memilih sabun bayi bagi sang buah hati, bisa menjadi perkara sulit yang memerlukan pertimbangan matang. Salah langkah saja, ditakutkan akan berpengaruh pada kesehatan kulitnya. Berikut alasan pentingnya memperhatikan tingkat pH pada sabun. 

Alasan Pentingnya Memperhatikan Tingkat Ph Sebelum Membeli Sabun Mandi 

  1. Kadar pH Berbeda 

pH (potential hydrogen) merupakan angka yang akan menunjukkan berapa tingkat keasaman suatu zat, salah satunya adalah kulit manusia. Apabila hasil nilainya berada di angka 7, maka dapa dikatakan netral. Sedangkan kulit si kecil cenderung asam atau berada di angka yang rendah, yang sangat berbeda dengan orang dewasa yang berada di angka 7 atau netral. Inilah sebabnya kulit si kecil memerlukan perlindungan dan perawatan berbeda. 

  1. Karakteristik Kulit Berbeda 

Selain dari tingkat pH, ternyata anatomi pada kulit si kecil juga berbeda dari orang dewasa. Dimana kulit bayi terlihat lebih tipis nan halus, sehingga wajar jika dua kali lebih rentang berkeringat dan lebih sensitif ketika tersentuh benda asing. Berdasarkan hal inilah, bunda perlu memperhatikan kembali pemilihan sabun tepat bagi kebutuhannya. Sebab jika sabun tersebut mengandung bahan berbahaya, ditakutkan akan mengganggu kesehatan kulitnya. 

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Sabun Bayi yang Bagus

  1. Kulit si Kecil Bersifat Asam

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kulit si kecil cenderung bersifat asam karena berada di bawah angka 7. Justru sifat kulitnya yang masam, dianggap sebagai mekanisme alami tubuh untuk menghidnari terkena berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tingkat asam tersebut dengan memberikan sabun bayi dengan tingkat pH yang memang diformulasikan khusus.  

  1. Kadar pH Tepat Dapat Memberikan Perlindungan 

Perlu bunda ketahui bahwa kulit manusia dilengkapi dengan lapisan perlindungan secara alami yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Sayangnya, lapisan tersebut belum bekerja dengan optimal pada kulit bayi. Namun tidak perlu khawatir, karena bunda dapat memberikan perlindungan tambahan alami dengan memilih sabun yang mengandung pH tepat bagi kulitnya yang bersifat asam. 

  1. Kadar pH Terganggu Mendatangkan Masalah Kulit

Bukan hanya orang dewasa, bahkan bayi juga seringkali terkena masalah kulit yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Entah itu karena kebersihan lingkungan sekitarnya, atapun memang karena keturunan ternyata bisa menjadi faktor utama masalah kulit terjadi. Sifat kulitnya yang asam, ternyata dapat terganggu hanya karena pemilihan produk sabun bayi kurang tepat.  

Bagi orang dewasa, mungkin memilih sabun merupakan hal remeh yang tidak perlu diambil pusing. Namun kondisi ini tidak berlaku ketika bunda hendak membeli sabun mandi bagi sang buah hati tersayang, mengingat kulitnya yang tipis dan cenderung dua kali lebih sensitif. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan dengan cermat tingkat pH sabun pilihan sebelum memasukkannya ke dalam keranjang belanjaan.

Baca Juga: Panduan Penggunaan Sabun Bayi Secara Benar dan Tepat