Ingin Terhindar Dari Berbagai Jenis Penyakit Vaskular? Lakukan Tips Sehat Berikut

Intervensi vascular memang memiliki fungsi penting untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang saluran pembuluh darah dengan baik. Meski demikian, masalah penyakit ini dapat dihindari secara alami. Anda bahkan sangat disarankan untuk menjalani pola hidup sehat dengan teratur. Informasi selanjutnya, cek ulasan berikut.

Cara Sehat Agar Terhindar Dari Penyakit Vaskular

  1. Mengkonsumsi Asam Lemak Omega 3

Anda mungkin sering mendengar bahwa makanan yang berlemak sangat berbahaya bagi kesehatan. Nyatanya, tidak semua jenis lemak memiliki dampak buruk untuk pembuluh darah arteri. Asam lemak berjenis lipid ini mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik) serta membantu menghilangkan trigliserida dan LDL (kolesterol jahat) dari dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 secara teratur dapat menurunkan risiko hipertensi, aterosklerosis dan serangan jantung. Terlebih lagi omega 3 memiliki fungsi penting sebagai agen anti-inflamasi. Tak ayal jika makanan yang mengandung nutrisi ini dapat melancarkan sistem peredaran darah dengan baik menuju otak.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Sebelum anda terserang penyakit vascular dan harus menjalani intervensi vascular, kegiatan olahraga perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit tersebut. Pasalnya, kegiatan olahraga dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi sehat. Hal ini bahkan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem pernafasan-kardio dengan baik.

  1. Mengkonsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan agar dapat terhindar dari penyakit vascular adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Tentu saja, anda perlu menyeimbangkan nutrisi setiap makanan yang dikonsumsi. Hal ini berfungsi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah arteri sekaligus kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang nyatanya dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh. Selain menjaga kesehatan, mengkonsumsi jenis makanan ini dapat menjaga berat badan tetap stabil. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan serta daging dan ikan tanpa lemak.

  1. Mengelola Stres Dengan Baik

Dibandingkan harus melakukan intervensi vascular karena terserang penyakit, anda dapat mengelola stres agar terhindar dari penyakit ini. Hal ini karena stres berkepanjangan nyatanya dapat menimbulkan reaksi tertentu dalam tubuh dan berdampak pada masalah vascular. Untuk itu, hidup sehat dengan tata kelola stres yang baik patut diperhatikan.

  1. Menghindari Minuman Beralkohol dan Merokok

Minuman beralkohol dalam porsi kecil pada dasarnya mampu menambah antioksidan yang kuat pada jantung. Meski demikian, terlalu banyak mengkonsumsi minuman ini dapat menjadikan tubuh kontraproduktif. Terlebih lagi rokok memiliki berbagai komponen zat beracun yang dapat merusak pembuluh darah arteri.

Menjaga pola hidup sehat nyatanya dapat membuat tubuh lebih kuat dan terhindar dari berbagai penyakit. Untuk itu, beberapa tips di atas dapat menjaga anda agar terhindar dari penyakit vascular. Apabila anda sudah terlanjur terjangkit penyakit ini, segera hubungi Heartology Cardiovascular Center untuk mendapatkan perawatan yang optimal.

Salah satu dokter ahli jantung  yang memiliki keahlian di bidang intervensi kardiologi adalah dr Denio Adrianus Ridjab yang kini berprakter di Heartology. Beliau adalah dokter spesialis jantung dengan sub-spesialisasi di bidang intervensi kardiologi dengan pengalaman bertahun-tahun dalam menangani penyakit jantung.