Peran Media Sosial

5 Peran Media Sosial di Kehidupan Sehari-hari

Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari sehingga peran media sosial sepertinya jadi penting di kehidupan kita. Baik anak remaja maupun orang dewasa, semua sangat menyukai untuk beraktivitas online di media sosial. Banyak alasan orang untuk menggunakan media sosial, salah satu alasan sederhananya adalah peran media sosial yang mempermudah interaksi online melalui teknologi mobile yang praktis dibawa ke mana pun dan dipakai kapan pun. Apa saja peran media sosial lainnya untuk kehidupan kita sehari-hari? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Komunikasi Online

Bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan media sosial, peran sosial media menjadi penting karena komunikasi melalui media sisoal menjadi lebih efektif dari pada melalui sambungan telepon atau sms.

  1. Mencari Informasi dan Pengetahuan

Informasi yang ada di media sosial bisa lebih cepat melebihi informasi di Koran atau televise. Di sinilah peran sosial media untuk mendapatkan informasi dengan cepat bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca : Ayo Gabung di 4 Media Sosial Buatan Indonesia

  1. Mendapatkan Hiburan

Dengan banyaknya konten yang tersaji di media sosial, peran sosial media menjadi penghibur sudah tidak diragukan lagi karena banyak video dengan cerita lucu, sedih, sampai menakutkan dibagikan di media sosial.

  1. Tempat untuk Mengekspresikan Diri

Peran media sosial yang satu ini bisa tergambar melalui fitur gambar, video, atau pun hanya tulisan. Salah satu contoh peran media sosial untuk mengekspresikan diri adalah dengan selfie atau pun foto-foto saat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.

  1. Sarana Bisnis dan Promosi

Untuk pebisnis, peran sosial media bisa menjadi alat marketing supaya bisa lebih dekat dengan pelanggan. Sedangkan, pelanggan bisa menggunakan peran media sosial untuk mendapatkan banyak promosi dari produk yang mereka suka.

Peran media sosial lainnya yang bisa kita perhatikan adalah sebagai penyebar keyakinan dan penggerak masyarakat. Dengan adanya media sosial, banyak komunitas yang terbentuk dengan mudahnya, mulai dari komunitas pekerjaan, hobi, bahkan hingga untuk membicarakan masalah yang lebih serius. Begitulah peran media sosial dalam kehidupan kita sehari-hari.

Baca : Teori Media Sosial Menurut Para Ahli Dunia

Leave a Reply