gigi palsu seluruhnya

Cara Merawat Gigi Palsu yang Benar

Sama halnya dengan gigi asli, gigi palsu juga tidak kalah pentingnya untuk dibersihkan. Cara merawat gigi palsu sedikit berbeda dibandingkan gigi asli. Berikut ini Cara Merawat Gigi Palsu yang tepat. 

  • Benamkan

Sangat tidak disarankan bagi para pengguna Gigi Palsu untuk tetap menggunakannya di malam hari saat tidur. Jika hal ini dilakukan dapat terjadi pembusukan gigi palsu yang lebih cepat. Selain membuat gigi palsu cepat rusak, hal ini bisa menjadi tidak sehat bagi kesehatan mulut sekalipun sudah menggosok gigi. Cara merawat gigi palsu yang pertama adalah merendam gigi palsu ke dalam air saat malam hari, dan biarkan hingga esok hari. Rendamlah menggunakan air hangat atau air khusus perendam gigi palsu. Tidak disarankan juga untuk merendam menggunakan air panas karena dapat merusak gigi palsu. 

  • Bersihkan

Jika gigi asli dibersihkan dengan cara disikat, beda dengan Gigi Palsu yang cara membersihkannya adalah dengan dicuci. Saat yang paling tepat untuk mencuci gigi palsu adalah saat setelah direndam semalaman, dan pada saat sesudah makan. Cara membersihkannya cukup gunakan sikat gigi yang berbulu halus. Oleskan sabun dan air yang hangat lalu sikat dengan lembut. Tidak disarankan untuk mencuci gigi palsu menggunakan deterjen ataupun pasta gigi, karena hal ini dapat merusak permukaan gigi palsu. 

  • Berhati hati

Tips terakhir dalam membersihkan Gigi Palsu adalah kehati hatian saat melepas, mencuci, dan memegangnya. Gigi palsu yang jatuh di permukaan yang keras dapat membuatnya pecah, karena sifatnya yang memang mudah pecah. Tips agar lebih aman saat mencuci adalah dengan cara mencucinya  ke dalam tempat yang berisi dengan air atau dicuci dengan cara ditenggelamkan. Cara kedua adalah dengan cara melapisi permukaan dibawah gigi palsu dengan spons atau handuk, sebagai langkah antisipasi. 

Baca Juga: Kelebihan Implan Gigi, dan Prosedur Pemasangannya

Jadi itulah tips yang paling perlu diperhatikan terkait Cara Merawat Gigi Palsu. Untuk mudahnya ingat saja tiga B (BBB) yaitu Benamkan, Bersihkan, dengan Berhati hati. Selamat memiliki gigi palsu yang bersih dan awet.