jenis-jenis hr software

Kenali Tipe-Tipe HR Software Indonesia Disini!

HR software Indonesia menjadi software yang menjadi andalan pebisnis.  HR software merupakan program aplikasi komputer yang mana membantu perusahaan dalam melakukan organisasi dan mengelola tata laksana Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan. Software ini digunakan sebagai pendukung pengambilan keputusan karena memiliki berbagai macam informasi yang mana dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Selain itu HR software akan mampu memberikan solusi terhadap berbagai macam permasalahan HR di perusahaan.

Tentu software ini sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis. Yang penting untuk diketahui pebisnis adalah HR software ini terdiri dalam berbagai tipe dan dikelompokkan sesuai dengan fungsinya dalam perusahaan. Di Indonesia sendiri HR software Indonesia ini dibagi ke dalam tiga tipe seperti berikut ini:

 

HRIS

Salah satu tipe HR software Indonesia yang banyak dibutuhkan dan digunakan oleh perusahaan adalah HRIS. HRIS ini merupakan singkatan dari Human Resources Information System dimana sistem ini didesain sedemikian rupa untuk melakukan manajemen Sumber Daya Manusia. Selain itu HRIS digunakan untuk mengatur kebijakan dan prosedur perusahaan. 

Tujuan dari sistem ini adalah dijadikan sebagai panduan untuk karyawan terhadap informasi yang ada di perusahaan.  Untuk HRIS ini biasanya mencakup beberapa fungsi seperti rekrutmen, training, human resources reporting dan juga management of benefits.

HRMS

Tipe HR software selanjutnya yang menarik untuk Anda ketahui adalah HRMS. HRMS ini merupakan singkatan dari Human Resources Management System dimana sistem ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan HRIS. 

HRMS ini bisa menjadi solusi untuk perusahaan Anda dalam memanajemen waktu dan juga karyawan yang jauh lebih detail. HRMS ini akan membantu perusahaan dalam mengatur penggajian, selain itu juga mengatur Time dan Labor Management atau TLM. HRMS memiliki fitur scheduling maupun planning dan juga melakukan assessment tools.

HCM

HCM ini merupakan singkatan dari Human Capital Management. HCM adalah sistem yang mencakup elemen dari HRIS atau Human Resources Information System. Software ini juga melakukan manajemen talenta yang ada di perusahaan. Sistem di dalam software ini akan memungkinkan manajemen karyawan dengan kewarganegaraan  yang berbeda. 

HCM adalah software yang memiliki perbedaan dalam bahasa dan juga nilai dalam mata uang. Sistem HCM akan memberikan solusi dalam penggajian, goal setting, budgeting dan juga hal lain yang sebagainya berhubungan dengan performa masing-masing individu karyawan.

Baca Juga: Paling Banyak Dicari, Berikut 4 Fitur Penting Yang Wajib Dimiliki Software Akuntansi

Keuntungan yang Didapatkan

Akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa perusahaan Anda dapatkan jika menggunakan HR software Indonesia yang tepat. Keuntungan tersebut adalah Anda bisa memanajemen SDM dengan tepat dan cepat, selain itu akan memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan berbagai macam proses dan juga aktivitas HR seperti penggajian, rekrutmen, dan lain sebagainya. Selain itu perusahaan Anda akan mudah dalam melakukan follow up kedepannya, mengambil keputusan dengan mudah karena informasi yang didapatkan tersebut real time.

 

Demikianlah beberapa tipe HR software Indonesia yang penting untuk Anda ketahui, semoga Informasi ini bermanfaat.