pasang behel gigi

Habis Pasang Kawat Gigi? Jangan Lupa Lakukan 6 Perawatan Ini!

Saat ini semakin banyak yang tertarik untuk menggunakan kawat gigi, baik itu untuk style atau untuk merapikan gigi yang kurang rapi.  Meski begitu perawatan kawat gigi ini tidak boleh disepelekan. Jika Anda malas dalam membersihkan gigi dan juga behel jangan harap gigi dan mulut akan selalu sehat. Perawatan yang salah juga hanya akan membuat kesehatan gigi justru memburuk.

Terkena sariawan, sulit mengunyah, mulut terasa kaku, dan lain sebagainya akan Anda rasakan jika malas untuk membersihkan gigi yang berbehel. Memang untuk menjadi cantik dan lebih menarik itu butuh perjuangan. Anda akan bisa mendapatkan gigi cantik seperti impian Anda jika tahu bagaimana cara perawatannya. Bagi Anda yang habis pasang kawat gigi, simak perawatan kawat gigi yang tepat berikut ini:

 

Hindari Mengonsumsi Makanan Keras dan Lengket

Perawatan pertama yang harus Anda perhatikan adalah hindari mengonsumsi makanan yang keras dan lengket. Sehabis pasang kawat gigi dan saat menggunakan kawat gigi ini makanan keras dan lengket menjadi daftar pertama larangan yang tidak boleh dikonsumsi. Alasannya pun simpel dikarenakan makanan lengket akan masuk ke sela-sela bracket dan sulit untuk dibersihkan sedangkan makanan keras akan membuat bracket gigi menjadi mudah terlepas.

Gunakan Pasta dan Sikat Gigi Khusus

Cara perawatan selanjutnya adalah jangan lupa gunakan pasta dan sikat gigi khusus. Susunan behel yang melekat pada gigi membuat aktivitas dalam menggosok gigi menjadi lebih sulit, berbeda dengan gigi normal yang tidak ada behelnya. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa Anda membutuhkan sikat dan pasta gigi khusus. Biasanya sikat gigi yang dibutuhkan adalah bentuknya kecil dengan bulu sikat yang halus. Bulu tersebut akan membuat bracket aman dan tidak mudah lepas saat menggosok gigi. Selain itu Anda bisa menggunakan pasta gigi yang ada kandungan fluoride di dalamnya. Tujuan untuk mencegah pengeroposan gigi, selain itu juga untuk mencegah gigi menjadi kuning akibat kawat gigi.

Bersihkan Sela Gigi

Selain menyikat gigi Anda juga diwajibkan untuk membersihkan sela-sela gigi. Dokter akan menyarankan untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi. Tujuannya adalah agar tidak menimbulkan plak atau karang gigi yang mana bisa membuat penampilan gigi menjadi tidak cantik lagi.

Obat Kumur

Setelah pasang kawat gigi tidak dianjurkan untuk mengabaikan perawatan gigi dan mulut. Perawatan yang kurang maksimal akan menyebabkan berbagai macam masalah muncul yang mana mampu mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Salah satu perawatan gigi dengan behel yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan obat kumur. Fungsi dari obat kumur tersebut berguna untuk menghilangkan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah seperti bau mulut, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Gunakan Lip Balm

Yang tidak boleh diabaikan selanjutnya dalam merawat kawat gigi adalah menggunakan lip balm atau pelembap bibir lainnya. Penggunaan behel atau kawat gigi ini rentan mengalami kering dan juga pecah-pecah. Tidak hanya itu saja gigi juga akan lebih sensitif sehingga Anda jangan pernah mengabaikan masalah pada bibir. Jika Anda akan menggunakan lipstik, gunakan lipstik yang ada pelembabnya agar tidak membuat bibir menjadi kering.

Kontrol dengan Rutin

Agar Anda tidak mengalami masalah gigi dan mulut sebaiknya selalu melakukan kontrol di dokter gigi rutin sebulan sekali. Alasannya adalah setiap bulan kawat gigi akan renggang sehingga diperlukan perubahan ukuran kawat gigi tersebut. Usahakan untuk tidak berganti dokter gigi agar Anda akan selalu mendapatkan perawatan dan penanganan yang sama. Di dokter tersebut juga akan tertulis rekam medis Anda, dimana jika berganti dokter rekam medis Anda sebelumnya tidak akan  terlihat.

Demikianlah beberapa perawatan saat pasang kawat gigi yang penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.