4 Kriteria Produk Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dihindari

Memilih produk perawatan kulit bayi yang aman sudah menjadi tanggung jawab orang tua. Akan sangat disayangkan jika kulit bayi yang masih lembut mengalami gangguan seperti iritasi dan bruntusan. Lantas tahukah anda apa saja kriteria produk perawatan bayi baru lahir yang harus dihindari? Penasaran? Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di sini.  

Ciri Ciri Produk Perawatan Kulit Kurang Baik Untuk Bayi

  1. Mengandung Alcohol

Produk pertama yang harus anda hindari saat hendak memilih produk perawatan kulit untuk bayi adalah yang mengandung alkohol. Sebenarnya bahan ini tidak berbahaya, namun kulit bayi yang masih rentan sangat mudah terpengaruh dan menjadi teriritasi. Bahan ini juga cukup populer menjadi salah satu komposisi yang terkandung di dalam produk perawatan kulit orang dewasa. 

Anda bisa mengetahui apakah produk tersebut mengandung alkohol atau tidak adalah dengan membaca bagian komposisinya. Terkadang alcohol ini tertulis dengan sebutan lain yaitu ethanol. persentasenya juga beragam dan paling banyak terdapat pada produk produk yang bersifat liquid agar saat diaplikasikan di kulit menjadi lebih cepat kering.

  1. Mengandung Pewangi Tambahan

Ciri ciri kedua dari produk perawatan bayi baru lahir yang kurang baik adalah yang mengandung pewangi tambahan atau parfum. Selama wangi tersebut berasal dari bahan alami maka tidak terlalu bermasalah. Akan tetapi jika wangi tersebut berasal dari bahan kimia maka akan memperbesar kemungkinan iritasi pada kulit bayi. 

Iritasi ini bentuknya macam macam. Biasanya diawali dengan rasa gatal dan munculnya ruam kemerahan. Gejala ini lebih sering muncul di area lipatan seperti leher. Selain itu iritasi juga sering terjadi dibagian punggung bayi. Kondisi ini muncul karena bagian tersebut selalu tertutup pakaian dan menjadi lembab karena keringat.

  1. pH Terlalu Asam

Anda juga perlu menghindari produk yang pH nya tidak seimbang, entah terlalu asam ataupun terlalu basa. pH yang tidak seimbang juga menjadi salah satu penyebab kulit bayi menjadi bermasalah. Meskipun saat diaplikasikan ke kulit orang dewasa tidak mengakibatkan iritasi, namun yang namanya kulit bayi jauh lebih rentan. 

Anda bisa memilih produk perawatan bayi baru lahir yang di bagian depannya tertulis pH neutral atau pH balance. Ibu ibu kerap kali masih bingung apa yang membedakan pH netral dengan mild atau ultra mild. Produk yang di kemasannya tertulis “mild” artinya memiliki pH yang mendekati kulit bayi, namun tidak menjamin bahwa pH nya netral.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 3 hal yang harus anda hindari jika memilih produk untuk bayi. Seiring bertambahnya umur, barulah anda bisa sedikit mencoba produk produk yang sifatnya lebih umum. Tujuannya adalah agar kulit anak secara perlahan bisa beradaptasi dengan berbagai bahan yang sebelumya tidak pernah kontak langsung dengan kulitnya.