gejala asam urat

Gejala Asam Urat Ringan dan Metode Pengobatannya

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menimbulkan gejala-gejala tidak nyaman pada persendian Anda seperti munculnya rasa panas yang disertai pembengkakan yang disertai rasa sakit tidak tertahankan. Penyakit yang tidak bisa dianggap remeh ini dapat menyerang Anda dengan gejala-gejala yang ditimbulkan. Adapun gejala asam urat ringan yang perlu Anda ketahui antara lain sebagai berikut.

Gejala Asam Urat Ringan

Sebetulnya, penyakit asam urat disebabkan oleh dua faktor yakni kelebihan produksi di dalam tubuh akibat sumber purin dari makanan yang dikonsumsi serta laju pembuangan ginjal yang tidak berlangsung dengan normal. Penyakit ini menimbulkan gejala yang penting untuk Anda perhatikan antara lain sebagai berikut.

  1. Sering mengalami nyeri sendi

Gejala penyakit asam urat ringan yang pertama adalah nyeri sendi. Penderita asam urat paling umum mengalami nyeri pada sendi. Hal ini lumrah terjadi mengingat penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang persendian tubuh Anda. Adapun nyeri sendi yang sering dialami penderita asam urat antara lain terjadi pada pergelangan kaki, pergelangan tangan. jari-jari tangan dan kaki, siku, lutut serta persendian lainnya.

  1. Peradangan dan memar

Gejala penyakit asam urat ringan yang kedua adalah terjadinya peradangan yang disertai memar pada bagian tubuh yang sakit terkena asam urat. Bagian persendian yang mulanya mengalami sakit akan mengalami pembengkakan serta diikuti oleh warna kulit yang memerah. Selain itu, pembengkakan tersebut juga diiringi oleh rasa panas seperti terbakar pada kulita Anda.

  1. Adanya penurunan mobilitas sendi

Gejala ketiga dari penyakit asam urat ringan adalah terjadinya penurunan mobilitas sendi Anda. Hal ini terjadi apabila penyakit asam urat tersebut memasuki tahap lebih lanjut. Sendi Anda dapat mengeras dan terasa kaku. Perkembangan gejala asam urat tersebut terjadi sangat cepat dan dapat langsung memburuk dalam beberapa jam pertama. Jika sudah demikian dikhawatirkan Anda akan mengalami kelumpuhan.

Pengobatan Asam Urat Ringan

Meski pada dasarnya penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun pengobatan asam urat tetap bertujuan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Adapun pengobatan asam urat ringan dapat dilakukan melalui dua metode yakni metode alami dan metode resep dokter.

  1. Pengobatan asam urat dengan metode alami

Pengobatan asam urat atau pengurangan risiko nyeri terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan metode alami yakni dengan banyak mengonsumsi air putih, perbanyak konsumsi vitamin C, perbanyak konsumsi cuka madu, konsumsi jus lemon atau buah cherry, memilih makanan yang bersifat basa serta melakukan pengobatan dengan obat herbal seperti ekstrak sambiloto, temulawak, tempuyung, rumput teki hingga lada.

  1. Pengobatan asam urat dengan resep dokter

Pengobatan asam urat juga dapat dilakukan dengan metode resep dokter antara lain dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dan anti-radang, colchicine, asam mafenamat, allopurinol hingga probenecid. Obat-obatan tersebut disarankan untuk Anda konsumsi apabila Anda terkena penyakit asam urat.

Demikian informasi mengenai gejala asam urat ringan dan pengobatannya. Untuk mengetahui kondisi penyakit asam urat Anda, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terdekat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 3 Gejala Asam Urat yang Menyebabkan Kematian

Leave a Reply