aplikasi-crm

3 Masalah Pengolahan Data yang Bisa Diatasi dengan Aplikasi CRM

Aplikasi CRM – CRM menjadi teknologi informasi yang digunakan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses layanan pelanggan dalam bidang penjualan, pemasaran, dan juga layanan produk atau jasa yang berhubungan dengan perusahaan. Tujuan penggunaan CRM sendiri untuk menjalin suatu hubungan atau relasi yang intim antara perusahaan dengan masing-masing customernya sehingga mereka menjadi loyal dengan perusahaan. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika data pelanggan tersebut bermasalah? Tentu perusahaan akan menjadi kesulitan untuk bisa menjalin hubungan dengan pelanggan tersebut.

Untungnya saat ini perkembangan teknologi begitu pesat sehingga pebisnis bisa memanfaatkan teknologi atau software untuk memaksimalkan performa bisnisnya terutama dalam mengatasi masalah data pelanggan yang bisa terjadi kapan saja. Software yang wajib digunakan oleh pebisnis adalah CRM. Dengan menggunakan aplikasi CRM ini masalah pengolahan data pada bisnis bisa diatasi. Berikut ini adalah beberapa masalah data yang bisa diatasi dengan CRM:

Data Tidak Terorganisir

Data yang tidak terorganisir bisa menyebabkan penjualan menjadi gagal dan tidak mencapai hasil maksimal. Yang menyebabkan data ini menjadi tidak terorganisir adalah data terlalu banyak, redundant atau sama, tidak bisa memilah mana data yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas. Perusahaan juga dibuat kebingungan untuk memulai dari mana pengolahan data penjualan tersebut bisa dilakukan sehingga hal tersebut akan sangat memakan waktu.

Manajemen Data Tidak Bagus

Salah satu masalah data yang bisa diatasi dengan aplikasi CRM selanjutnya adalah manajemen data yang tidak bagus. Di era digital seperti saat ini manajemen data dengan cara manual tidak akan cukup sehingga dibutuhkan proses yang lebih otomatis. Contoh proses otomatis yang bisa dilakukan oleh CRM adalah mengirimkan dan membuat penawaran lebih cepat dan tepat kepada pelanggan.

Akses Data Penjualan dan Pemasaran

Tanpa menggunakan bantuan software akses data penjualan dan pemasaran membutuhkan waktu yang lama, berbeda jika menggunakan software CRM dimana perusahaan akan bisa mengakses data penjualan secara lengkap, cepat, dan akurat.  CRM ini juga memudahkan tim marketing dalam mencari data pemasaran sehingga berbekal data tersebut perusahaan bisa membuat strategi yang lebih efisien dan tertarget sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dari data tersebut perusahaan bisa melihat keberhasilan strategi sebelumnya dimana diharapkan keberhasilan penjualan bisa tercapai seperti sebelumnya.

Menentukan CRM yang Tepat

Tidak semua CRM cocok digunakan oleh perusahaan. Oleh sebab itu agar masalah data yang dimiliki perusahaan bisa terpecahkan dengan baik penting untuk memilih dan menentukan aplikasi yang tepat. Agar tidak salah pilih penting bagi perusahaan untuk tahu kriteria seperti apa CRM yang layak untuk dipilih. Kriteria yang pertama adalah pilihlah software atau aplikasi CRM yang mudah digunakan. Sebagus apapun aplikasi tersebut jika membutuhkan waktu lama untuk penggunaannya akan tetap tidak efektif apalagi jika disertai dengan pelatihan panjang yang menghabiskan waktu.

Kedua pilihlah sistem yang saat diperbarui tidak mengganggu kinerja. Memang tidak ada kata sempurna pada sebuah sistem dan teknologi begitu pula dengan CRM ini. Untuk mengatasi ketidaksempurnaan tersebut pembaruan sistem selalu diperlukan. Agar tidak menghambat pekerjaan penting bagi perusahaan memilih CRM yang saat di perbarui tidak mengganggu kinerja user.

Yang terakhir keamanan. Untuk menjamin keamanan data pelanggan, riwayat pembelian pelanggan, dan lain sebagainya penting bagi perusahaan untuk memilih vendor penyedia software CRM yang kredibel dan berpengalaman. Lihat pula siapa yang pernah menjadi kliennya, semakin banyak klien yang puas maka semakin bagus vendor tersebut.

Jangan pernah meremehkan data dalam sebuah bisnis, tanpa data tersebut bisnis tidak akan bisa berkembang seperti yang diharapkan. Jika perusahaan Anda mengalami kesulitan dalam pengolahan data untuk memaksimalkan penjualan, itu tandanya sudah saatnya perusahaan membutuhkan implementasi dari aplikasi CRM dimana dengan aplikasi ini perusahaan akan menjadi lebih mudah update data, maintenance data, dan juga menyimpan data lebih aman.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply