jantung medis

Kenali Apa Itu Intervensi Kardiologi Pada Jantung

Anggota tubuh yang cukup vital bagi manusia jantung. Jika terdapat masalah sedikit saja pada anggota tubuh tersebut, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan juga akan terganggu. Oleh karenanya, penting bagi anda untuk menjaga dan memeriksakan kondisi jantung secara rutin. Pasalnya jika tidak, bisa jadi anda mendapatkan penanganan Intervensi kardiologi. Yuk simak informasinya disini!

Sekilas Tentang Kardiologi

Kardiologi merupakan salah satu ilmu penyakit jantung yang menjadi cabang pada ilmu kedokteran. Ilmu kardiologi ini berhubungan dengan studi, perawatan, kelainan jantung, hingga pembuluh darah. Tak jarang pula jika ilmu yang satu ini juga dikenal sebagai sub spesialis yang menangani kesehatan pada organ bagian dalam manusia. 

Di bidang yang satu ini, biasanya dokter akan memusatkan fokusnya terhadap diagnosa dan bagaimana perawatan dari penyakit jantung yang diidap oleh pasien. Penyakit jantung disini termasuk pada penyakit bawaan hingga gagal jantung. Dokter ahli kardiologi akan bertanggung jawab menangani segala macam penyakit tersebut dengan cara melakukan berbagai prosedur termasuk tes. 

Dokter jantung kardiologi ini umumnya juga akan menjalankan deretan prosedur yang bersifat intervensi. Pemeriksaan tersebut termasuk kedalam teknik pembalonan jantung atau biasa dikenal dengan sebutan angioplasty. Dokter jantung spesialis intervensi kardiologi akan berbeda dengan dokter bedah toraks kardiovaskular. Pasalnya, teknik penyembuhan yang digunakan sangatlah berbeda.

Seorang dokter jantung yang ingin menjadi ahli kardiologi harus menyelesaikan pelatihan selama tiga tahun untuk bisa memperoleh kualifikasi. Pada kurun waktu tersebut, para dokter akan memperoleh pelatihan secara intensif tentang mengevaluasi, mendiagnosis, serta mengobati berbagai pasien yang memiliki penyakit jantung. 

Selain itu memperoleh pengetahuan mengenai hal tersebut, ahli kardiologi juga akan mendapatkan kompetensi tentang tindakan pemeriksaan jasmani, mengendalikan alat pacu jantung, kateterisasi jantung sampai kardioversi. Setelah pendidikannya selesai, dokter spesialis kardiologi akan mengikuti sebuah ujian kardiologi yang diawasi oleh dewan ilmu penyakit dalam. 

Waktu Yang Tepat Untuk Menemui Ahli Kardiologi 

Apabila anda merasakan sebuah gejala maupun keluhan pada organ tubuh jantung, maka hal yang harus anda lakukan adalah menemui dokter spesialis kardiologi. Pasalnya, jika keluhan gejala tersebut terjadi pada bagian jantung, maka dokter umum tidak akan bisa memberikan penanganan dan mendiagnosis. 

Pada umumnya, penyakit jantung akan ditandai dengan gejala gejala seperti pusing, terasa cepat lelah, nafas pendek, hingga nyeri. Ketika semua keluhan tersebut anda alami, akan lebih baiknya jika anda berkunjung ke dokter untuk berkonsultasi dan memeriksakannya. JIka tidak segera ditangani, anda bisa mendapatkan perawatan intervensi kardiologi. 

Baca Juga : Mengenal Tes Kateterisasi Jantung pada Intervensi Kardiologi