jasa logistik

Tips Memilih Jasa Logistik Yang Terpercaya

Jasa logistik merupakan sebuah perusahaan bisnis yang menyediakan jasa untuk pengiriman, penyimpanan, dan penjemputan suatu barang bervolume kecil maupun besar. Pengiriman dapat dilakukan kemanapun selama terdapat akses menuju tempat penerima. Barang konsumen baik perusahaan atau perorangan akan disimpan dalam gudang yang terstruktur.

Jasa logistik sangat berperan penting dalam menyalurkan rantai pasokan produk dan menghemat pengeluaran logistik. Terlebih lagi saat ini pasar e commerce, online shop, dan UKM terus berkembang pesat, sehingga tidak bisa dipisahkan dari jasa pengiriman. UKM sendiri merupakan sebuah bisnis kecil yang mampu menjual produknya tidak lebih dari 2 juta. Jika UKM harus menggunakan kendaraan pribadi untuk mengantarkan produknya maka tentu biaya cost yang dikeluarkan akan lebih besar dan kemudian menjadi tidak efektif.

Peran penting yang dimiliki jasa logistik inilah yang membuat banyak perusahaan bahkan bergantung padanya. Namun Anda juga harus teliti memilih banyak penyedia jasa ini. Berikut adalah tips memilih jasa logistik yang terpercaya antara lain:

1.      Perusahaan jelas

Tentu saja konsumen tidak akan menyerahkan dan mempercayakan barang yang hendak dikirim pada jasa yang tidak jelas. Pastikan jasa yang Anda pilih memiliki kantor pusat yang jelas dengan cabangnya, no telepon, website, dan testimoni. Pastikan juga jasa tersebut telah mengantongi ijin operasional yang resmi.

2.      Perusahaan yang memiliki kredibilitas

Kredibilitas suatu perusahaan sangatlah penting untuk mengetahui pelayanan yang telah diberikan pada konsumennya. Dari sini Anda bisa mengetahui kepuasan para konsumennya.

3.      Banyak direkomendasikan

Berkaitan dengan kredibilitas, salah satu cara mengetahuinya adalah telah banyak direkomendasikan. Hal ini akan menjadi nilai tampah untuk mendapatkan jasa yang terpercaya. Caranya dengan membaca review atau saran pada website, atau teman-teman. Sehingga Anda dapat mempertimbangkannya untuk mengirimkan barang Anda.

4.      Berpengalaman

Selanjutnya adalah pengalaman. Pengalaman yang lama akan memberikan suatu pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan jasa yang baru berdiri. Namun Anda juga tidak boleh langsung berburuk sangka dengan para pengusaha baru. Karena tidak menutup kemungkinan juga pengusaha jasa baru tersebut memiliki prestasi sehingga dapat bersaing secara ketat dengan seniornya.