Printer Laser warna

3 Kekurangan Printer Laser Warna yang Penting Diperhatikan

Printer laser saat ini menjadi yang tercanggih dan tercepat dimana tidak hanya berfungsi sebagai pencetak saja, namun juga bisa digunakan untuk mencopy, dan melakukan beberapa kegiatan lainnya yang mana tidak bisa dilakukan oleh printer terdahulunya. Selain fungsinya yang menonjol kelebihan dari LaserJet warna adalah sudah menggunakan teknologi infra merah, selain itu tintanya tidak cair seperti pada inkjet namun bubuk yang disebut dengan toner. Hasil cetak dari printer ini lebih cepat kering dan memiliki kecepatan cetak lebih cepat.

Melihat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh printer LaserJet ini, adakah kekurangan yang dimiliki oleh printer satu ini?. Tentu saja ada karena setiap printer memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah kekurangan dari printer laser warna yang harus diketahui:

Harga Lebih Mahal

Kekurangan yang pertama adalah harga dari printer LaserJet ini lebih mahal jika dibandingkan dengan inkjet. Printer laser berwarna yang multi fungsi harganya bisa sangat mahal dua kali lipat dari mesin printer inkjet dengan kemampuan terbaik.

Output Foto Bisa Kabur

Kekurangan lainnya dari printer LaserJet ini adalah output foto bisa kabur. Yang menyebabkannya adalah saat cetak warna tidak pas dengan LEDnya sehingga gambar akan menjadi kabur.

Tinta yang Lebih Mahal

Kekurangan dari printer LaserJet ini adalah harga tinta toner yang lebih mahal dibandingkan dengan tinta cartridge ataupun infus. Meski harganya mahal namun kelebihannya adalah toner tinta ini lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan yang cartridge. Selain itu kelemahan lainnya adalah penggantian tinta harus dilakukan oleh teknisi karena tidak bisa diganti sendiri.

Kapan Membutuhkan Printer Laser Warna?

Supaya tidak berlaku konsumtif, masyarakat harus tahu kapan dirinya membutuhkan printer laser warna dan kapan dirinya membutuhkan printer inkjet biasa?. Memang tidak jarang ketika ditawarkan atau melihat keunggulan dari LaserJet tersebut banyak yang ingin berganti ke printer LaserJet ini. Namun yang harus diketahui di sini adalah printer jenis laser warna banyak digunakan oleh perusahaan dan kantor bisnis yang sudah besar. Jarang ada personal yang menggunakan printer jenis ini. Terlebih lagi pergantian tinta ini harus dengan bantuan teknisi sehingga menjadi tidak fleksibel jika printer ini hanya digunakan untuk skala rumahan saja. Sedangkan untuk perusahaan atau bisnis yang skalanya sudah besar printer laser yang sudah berwarna ini sangat membantu sekali.

Demikianlah beberapa kekurangan dari printer laser warna yang penting diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply