Jenis Potongan Ayam

6 Jenis Potongan Ayam dan Penjelasannya yang Wajib Diketahui

Banyak yang menggeluti daging karkas dikarenakan sangat potensial. Di hari-hari tertentu harga daging karkas ayam akan meningkat tajam dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan saat hari-hari biasa. Seperti saat ini dimana menjelang puasa ramadhan, banyak yang membutuhkan daging karkas ayam untuk konsumsi pribadi atau lauk untuk berbuka puasa bersama. Karena permintaannya meningkat dibandingkan hari biasa maka daging karkas ini harganya mahal. Oleh sebab itu bagi Anda yang sedang melirik bisnis yang potensial, tidak ada salahnya untuk menggeluti bisnis penjualan dan pemotongan daging karkas ini.

Jika hanya ingin menggeluti bisnis daging karkas tanpa menggeluti peternakannya maka yang harus Anda ketahui adalah jenis potongan daging ayam karkas. Hal ini menjadi ilmu dasar yang harus diketahui bagi pebisnis daging karkas ayam pemula. Kesalahan dalam memberikan jenis potongan ayam akan membuat konsumen menjadi kecewa. Simak beberapa jenis potongan ayam dan penjelasannya yang penting diketahui berikut ini:

Setengah

jenis potongan yang pertama adalah setengah. Potongan setengah ini jarang untuk dijadikan konsumsi pribadi. Kebanyakan potongan setengah ini digunakan dalam acara pernikahan. Yang dimaksud dengan potongan setengah adalah daging karkas ayam dipotong tepat di bagian tengahnya kemudian dibagi menjadi dua bagian yang sama besar.

Potongan Seperempat

Jenis potongan yang lebih kecil ada potongan seperempat. Sama dengan potongan setengah dimana jenis potongan ini tidak digunakan untuk konsumsi pribadi.  Banyak yang menggunakan potongan ini dalam acara pernikahan. Yang dimaksud dengan potongan seperempat adalah ayam utuh dibagi menjadi empat bagian sama besar.

Baca juga : 4 Cara Memaksimalkan Bobot Karkas Ayam Broiler

Potongan Enam

Setelah potongan seperempat ada potongan enam. Sesuai dengan jenis potongannya dimana daging karkas ini akan dipotong menjadi enam bagian sama besar. Untuk konsumsi pribadi potongan ini jarang digunakan. Banyak yang menggunakan jenis potongan ini untuk lauk pada snack box di acara tertentu.

Potongan Delapan atau 8 Pieces

Potongan selanjutnya adalah 8 pieces atau 8 bagian. Potongan ini banyak dikonsumsi pribadi, namun ada juga yang menjadikannya sebagai lauk nasi box.

Sepuluh

Jenis potongan ini banyak dijadikan sebagai lauk nasi box dan konsumsi pribadi. Dalam potongan jenis ini pebisnis daging karkas banyak yang kesulitan dalam memotong daging karkas sama besar. Jika untuk dikonsumsi pribadi hal tersebut tidak menjadi masalah, namun jika untuk lauk nasi box maka akan menjadi masalah karena perhitungan pembeli menjadi meleset dan tidak seperti perkiraan awal. Oleh sebab itu tugas pebisnis daging karkas ayam harus bisa memotong daging ayam sama besar berapa pun itu jumlah potongannya.

Duabelas

Potongan jenis ini cocok dijadikan sebagai konsumsi pribadi, ketika ada pembeli yang menginginkan potongan ini tandanya daging ini akan dijadikan sebagai lauk sehari-hari. Jenis potongan ini adalah yang terbanyak dimana daging karkas ayam yang masih utuh dipotong menjadi 12 bagian sama besar. Tidak ada potongan yang lebih banyak dari ini. Daging ayam yang mudah hancur jika dipotong terlalu kecil, sehingga jika mendapati pembeli meminta potongan lebih dari jenis potongan ini jangan diberikan.

Memotong Ayam dengan Benar

Setelah mengetahui jenis potongan ayam dan penjelasannya penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara memotong ayam dengan benar. Untuk memotong ayam dengan baik dan benar anda harus banyak berlatih dan mencari ilmu. Gunakanlah sarung tangan dan juga pisau yang tajam. Dengan pisau daging yang akan membuat daging mudah terpotong dengan sempurna. Selain itu talenan juga akan membantu Anda dalam pemotongan daging karkas tersebut.

Demikianlah jenis potongan ayam dan penjelasannya yang wajib diketahui, semoga informasi in bermanfaat.

Baca juga : 4 Cara Budidaya Ayam Broiler Organik Agar Berhasil

Sharing post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.