pasang behel gigi

5 Fakta Kawat Gigi yang Wajib Anda Tahu!

 

 

Kawat gigi saat ini tidak hanya bermanfaat dalam hal kesehatan saja namun juga digunakan untuk mempercantik penampilan. Sebenarnya kawat gigi ini sudah muncul beberapa tahun silam, namun saat ini semakin trend dan banyak diminati. Terlebih lagi ada klinik kecantikan yang menawarkan fashion behel dengan harga yang sangat murah meriah. Anda yang menginginkan behel untuk menunjang penampilan tidak masalah, namun jika ingin memperbaiki struktur gigi maka behel di dokter spesialis lebih disarankan. Sebelum Anda melakukan pasang kawat gigi sebaiknya tahu beberapa fakta berikut ini terlebih dahulu:

 

Kawat Gigi untuk Semua Orang

Salah satu anggapan yang salah tentang kawat gigi tersebut adalah hanya bisa digunakan untuk anak dan remaja saja. Padahal anggapan tersebut tidak benar. Memang selama ini pengguna kawat gigi banyak ditemukan pada usia anak-anak dan juga remaja, namun bukan berarti hanya anak dan remaja saja yang bisa menggunakannya. Tidak ada batasan usia menggunakan kawat gigi ini. Anda bisa menggunakan kawat gigi ini pada usia berapa pun. Bagi Anda yang sudah memasuki usia dewasa bahkan sudah menjadi orang tua sekalipun tetap bisa menggunakan kawat gigi.

Yang harus diperhatikan bagi Anda yang akan pasang kawat gigi ini adalah kondisi gigi dan gusi Anda harus sehat. Tidak disarankan bagi Anda yang sudah mengalami pelunakan gusi, gigi yang mudah keropos maupun patah, dan lain sebagainya. Cek kondisi gigi Anda terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan kawat gigi agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

 

Rata-rata Pemakaian

Fakta selanjutnya adalah usia rata-rata pemasangan dan pemakaian kawat gigi supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Umumnya orang yang bisa membuat giginya rapi dan rata membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun lamanya. Namun durasi pemakaian kawat gigi antara satu orang dengan yang lainnya ini berbeda tergantung dengan kondisi gigi masing-masing orang. Bagi yang tidak sabar untuk menunggu sampai waktu dua tahun Anda bisa menggunakan metode terapi gigi yang lebih cepat. Namun terapi itu tidak direkomendasikan kecuali bagi yang memiliki gigi benar0benar sehat dan kuat. Terapi gigi juga lebih menyakitkan dibandingkan dengan kawat gig pada umumnya dan melibatkan operasi kecil di rahang.

 

Awal Pemakaian Kurang Nyaman

Fakta yang harus Anda ketahui tentang pasang kawat gigi selanjutnya adalah rasa tidak nyaman pada saat awal pemakaian. Rasa ngilu dan gigi seperti tertarik akan Anda rasakan saat pertama kali pemasangan behel. Gigi Anda pun akan terus bergeser sampai mendapatkan bentuk dan struktur gigi yang sempurna. Setelah terbiasa memakai behel semua akan berjalan dengan normal secara sendirinya sehingga Anda akan terbiasa dengan behel gigi tersebut.

 

Perawatan yang Tepat

Memasang dan menggunakan behel tidak boleh main-main karena sepenuhnya Anda akan bertanggung jawab terhadap kesehatan gigi Anda sendiri. Perawatan gigi yang dipasangi kawat yang tidak tepat hanya akan membuat kesehatan gigi Anda semakin buruk. Tidak hanya itu saja biaya yang harus Anda keluarkan pun rutin setiap bulan. Hal itu dikarenakan Anda wajib memeriksakan kondisi kawat dan behel Anda setiap bulannya agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Bracket kawat gigi sulit dibersihkan sehingga pembersihan dengan sikat gigi secara teratur saja tidak cukup namun juga harus disertai kontrol rutin.

 

Harus Memakai Retainer

Fakta yang terakhir adalah kawat atau behel yang sudah terlepas membutuhkan perawatan dan tindakan lanjutan. Tindakan tersebut berupa memasang dan menggunakan retainer tujuannya agar gigi tidak kembali ke posisi semula. Jangan pernah malas menggunakan retainer agar pemasangan kawat gigi yang telah dilakukan tidak sia-sia.

 

Demikianlah beberapa fakta pasang kawat gigi yang wajib Anda tahu, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Baca juga : Manfaat Menggunakan Jasa Bleaching Gigi