dampak positif dan negatif media sosial

Apa Saja Dampak Positif dan Negatif Media Sosial?

Socialiablog.com akan membagi informasi tentang dampak positif dan negatif media sosial terhadap kehidupan kita. Mungkin hampir setiap hari kita menggunakan media sosial dan mungkin ada yang tidak bisa lepas dari penggunaannya setiap hari seperti untuk berkomunikasi atau takut ketinggalan informasi terkini. Namun, apakah kita sadar akan dampaknya pada diri kita? Selain memang sangat membantu untuk menjalin komunikasi dengan orang lain, ternyata media sosial punya dampak lainnya yang harus kita perhatikan seperti berikut ini.

Dampak Positif Media Sosial

  1. Banyak orang menggunakan media sosial untuk tempat promosi produk atau jasa. Ini bisa jadi dampak positif media sosial juga karena orang mudah dalam mendapatkan produk anda dan membuat penjual mendapat keuntungan dari itu.
  2. Menambah teman baru dan relasi bisnis dengan mudah. Disana anda dapat mempromosikan diri atau produk anda ini akan mempermudah informasi yang anda miliki terjangkau sangat cepat.
  3. Mempermudah komunikasi jarak jauh antar kota provinsi negara atau pun benua. Tidak memerluhan biaya besar dan waktu yang lama untuk berkomunikasi.
  4. Tempat berbagi informasi dengan banyak fitur, seperti foto, dokumen, atau pesan suara. Dampak positifnya adalah dimana kita mudah mencari informasi tanpa harus kita bertanya terlebih dahulu. Wawasan luas dan ilmu yang didapat gratis tanpa membayar sepersen pun.

Baca juga : Macam-macam Media Sosial yang Terkenal di Dunia

Dampak Negatif Media Sosial

  1. Banyaknya pengguna akun media sosial fake atau palsu untuk penipuan dari penjualan jasa, barang, atau semacamnya. Mudahnya menambah pertemanan dari media sosial menjadi peluang kejahatan oleh sebab itu kita perlu hati-hati dalam memilih pertemanan dan di anjurkan pilihlah teman yang anda kenal.
  2. Fitur yang disediakan media sosial seperti data diri kita dapat menjadi dampak negatif, kenapa demikian?. Karena informasi yang tidak tersaring dengan benar, bisa jadi informasi tersebut menyebabkan fitnah karena hanya berita palsu atau mungkin hasil rekayasa pihak tertentu.
  3. Kemungkinan besar menimbulkan sifat candu karena pengguna bisa terlalu fokus pada media sosial dan lebih menutup diri pada lingkungan sekitar. Pada tingkat yang suah berbahaya, sifat candu ini bisa menyebabkan sikap seseorang menjadi autis atau bahkan pola pikir dan pola hidupnya bisa berubah karena ini adalah dampak negatif media sosial.

Seperti itulah dampak positif dan negatif media sosial yang perlu jadi perhatian kita. Media sosial memang memberikan kita banyak kemudahan seperti kemudahan mendapatkan informasi, hiburan, komunikasi, dan aktualisasi diri. Namun, dampak positif dan negatif media sosial juga harus kita perhatikan agar kita bisa menggunakan media sosial dengan bijak.

sumber : http://smallbusiness.chron.com/negative-effect-social-media-society-individuals-27617.html

Baca juga : Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar

Leave a Reply