Macam-macam Media Sosial

Macam-macam Media Sosial yang Terkenal di Dunia

Macam-macam Media Sosial
Macam-macam Media Sosial

Media sosial adalah media online yang memungkinkan para penggunanya memiliki profil online atau infrmasi data diri online untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sejarah media sosial menjadi saksi kemajuan teknologi dan bisnis dunia karena perkembangan media sosial menjadi salah satu pengubah pola pikir dan gaya hidup manusia modern saat ini. Media social ini ada bermacam-macam. Jenis media sosial di Indonesia sendiri ada Facebook, Twitter, Path, Linkedin, Instagram, dan Google Plus. Di antara macam-macam media sosial tersebut, Facebook adalah media sosial yang paling terkenal di dunia dengan pengguna aktif sebanyak kurang lebih 2 milliar. Selain Facebook, berikut macam-macam media sosial yang terkenal di dunia.

  1. Qzone
Qzone
Qzone

Salah satu dari jenis media sosial di dunia ini memang hanya terkenal di Tiongkok, tapi penggunanya terbanyak kedua setelah Facebook danmayoritas penggunanya adalah warga negara Tiongkok. Qzone mempunyai pengguna aktif sebesar 629 juta.

  1. Goggle+
g+
g plus

Media sosial besutan Google Inc ini merupakan satu dari jenis-jenis media sosial yang berkembang pesat. Hanya dalam waktu 3 tahun, Google+ sudah menarik pengguna sebanyak 343 juta pengguna aktif.

  1. Linkedin
Linkedin
Linkedin

Media sosial yang berorientasi pada bisnis ini dikhususkan untuk pada profesional. Salah satu media sosial dari macam-macam media sosial ini memiliki pengguna aktif sebesar 332 juta sejak berdiri tahun 2003.

  1. Instagram
Instagram
Instagram

Media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengasah hobi fotografi ini adalah salah stau dari  media sosial yang terkenal di dunia. Berdiri pada tahun 2010 dengan pengguna aktif sebesar 300 juta, Instagram akhirnya dibeli Facebook pada tahun 2012 seharga US$ 1 miliar.

  1. Twitter
twitter
twitter

Mempunyai pesan singkat 140 karakter atau biasa disebut dengan tweet atau kicauan, Twitter yang merupakan salah satu dari macam-macam media sosial, memiliki pengguna aktif sebanyak 284 juta dan berdiri sejak tahun 2006 di Amerika Serikat.

  1. Vkontakte
Vkontakte
Vkontakte

Macam-macam media sosial memang banyak yang berasal dari Amerika Serikat. Namun, Vkontakte atau VK ini adalah media sosial yang berasal dari Rusia dengan 100 juta pengguna aktif. Mayoritas pengguna VK adalah negara yang menggunakan bahasa Rusia seperti Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Ukraina. Namun salah satu media sosial dari macam-macam media sosial ini sebenarnya juga tersedia dalam 70 jenis bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

7. Facebook

facebook
facebook

Dan yang terakhir adalah media sosial yang hampir seluruh penjuru dunia memakai dan mengakses aplikasi ini karena memiliki fitur mudah difahami orang awam sekalipun. Di dirikan pada tanggal 4 februari 2004 sampai sekarang pengguna facebook hampir mencapai 2 milyar di penjuru di dunia. Fitur selalu update agar para pengguna tidak bosan setiap kali mengakses media sosial ini dan di indonesia sendiri hampir setiap hari pengguna facebook mengakses dari pagi siang sore dan malam hari.

Baca juga : Teori Media Sosial Menurut Para Ahli Dunia

Leave a Reply