makanan ikan koi

Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar

Makanan ikan koi yang banyak dicari adalah yang bisa membuatnya cepat besar. Banyak pembudidaya ikan koi pemula yang masih belum tahu bagaimana caranya memberikan pakan dengan baik dan benar sehingga pembudidayaan yang dilakukannya kurang maksimal. Padahal pakan ini sangat penting bagi semua jenis pembudidayaan tidak hanya perikanan saja namun juga peternakan. Oleh sebab itu Anda yang ingin membudidayakan ikan koi hal pertama yang harus diperhatikan adalah memaksimalkan pakan terlebih dahulu.

Yang harus Anda ketahui adalah ikan koi ini merupakan omnivora yang mana akan memakan apa saja di alam liar termasuk alga, tanaman, dan juga serangga. Saat pemeliharaan ikan koi di dalam rumah penting bagi Anda untuk mengetahui pakan alami mereka dimana membutuhkan campuran protein dan juga tanaman yang seimbang. Di dalam makanan ikan koi tersebut harus ada vitamin dan mineral yang digunakan untuk tumbuh sehat dan warna menjadi cerah alami.

 

Pakan Terapung untuk Ikan Koi

Pada dasarnya makanan ikan koi jenisnya ada dua yaitu yang terapung dan tenggelam. Pakan terapung dan tenggelam ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hampir sebagian besar pakan yang ditemukan di toko adalah yang jenisnya terapung dimana pakan ini banyak ditemukan dan mudah didapatkan. Pakan terapung juga sangat populer dimana Anda bisa melihat ikan koi makan dengan lahap. Memberikan makan ikan sambil menontonnya menjadi salah satu keunikan tersendiri karena dipercaya bisa meredakan stress dan merilekskan pikiran yang penat. 

Kelebihan dari pakan terapung ini adalah bisa memberikan pakan kepada ikan Anda secara teratur. Selain itu akan memudahkan dalam memeriksa kesehatan ikan dan memberikan Anda kesempatan untuk bisa mengetahui perilaku mereka.  Dengan cara ini Anda akan bisa menentukan apakah ada yang salah dengan ikan Anda atau tidak. Ikan koi harus muncul ke permukaan untuk mengambil makanan terapung tersebut sehingga Anda bisa mengetahui dan memeriksa apakah ada cedera dan memastikan semua ikan koi memakan makanannya dengan baik.

Kelemahan dari pakan terapung adalah pakan ini bisa cepat masuk ke dalam filter atau skimmer sebelum ikan koi memakannya. Diperlukan teknik dan alat khusus untuk bisa membuat pakan ikan koi terapung ini bisa dimakan ikan koi secara sempurna. Salah satu caranya adalah dengan mematikan pompa filter terlebih dahulu baru ikan koi diberikan pakan terapung tersebut.  Untuk mematikan pompa ini Anda bisa menggunakan alat yang mana disebut dengan floating feeder.

Pakan Koi yang Bagus

Pakan terapung ikan ini bisa didapat dari makanan kemasan yang banyak ditawarkan di pet shop. Meski begitu bersikap selektiflah dalam memilih pakan karena tidak semua pakan kemasan tersebut cocok diberikan kepada ikan koi Anda. Agar koi cepat tumbuh dengan besar pilih yang kandungan protein dan juga lemaknya tinggi. Teliti tabel kemasan pada pakan tersebut dan pastikan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan lengkap.

Pakan kemasan atau terapung menjadi andalan bagi pembudidaya ikan koi karena sudah banyak yang membuktikan hasil budidaya seperti yang mereka harapkan, hanya saja Anda harus tahu bagaimana cara perawatan yang tepat disertai dengan pemilihan makanan ikan koi yang tepat pula.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Penyedia Pakan Berkualitas Untuk Hewan Peliharaan Anda