fitur software akuntansi

Paling Banyak Dicari, Berikut 4 Fitur Penting Yang Wajib Dimiliki Software Akuntansi

Masalah krusial dalam hal bisnis atau perusahaan, yaitu keuangan sehingga tak boleh ada kesalahan dalam menyusunnya. Potensi adanya kesalahan itu telah bisa dikurangi dengan memakai perangkat lunak akuntansi yang banyak beredar. Adanya software akuntansi ini membuat pekerjaan anda jadi lebih mudah, terutama dengan beberapa fitur andalannya. Yuk cek ulasannya di sini!

Beberapa Fitur App Akuntansi yang Banyak Dicari

  1. Manajemen Laporan Keuangan

Fitur satu ini menjadi komponen penting yang dulunya dilakukan secara manual. Akan tetapi proses ini diimbangi dengan potensi human error yang sangat tinggi, sehingga cukup berisiko untuk kondisi keuangan. Laporan yang disusun dari kesalahan penghitungan dapat berakibat fatal saat anda akan mengambil keputusan yang mengacu pada keuangan kantor.

Oleh sebab itu, sebaiknya memakai aplikasi dengan fitur serupa agar beban pekerjaan anda jadi lebih mudah. Sistemnya telah menjadi sangat efisien karena anda hanya perlu input data, lalu aplikasi akan menjalankan sistemnya untuk menyusun laporan secara instan. Anda juga akan mendapat laporan atau data secara real time tanpa harus menunggu akhir dari periode tersebut.

Baca Juga: 5 Keuntungan Penggunaan Software Akuntansi dalam Dunia Bisnis

  1. Manajemen Faktur dan Transaksi

Fitur satu ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan dagang. Oleh sebab itu, adanya software akuntansi ini membantu pekerjaan yang harus anda selesaikan. Fitur Manajemen Faktur ini memudahkan anda dalam memilah faktur yang belum dibayarkan, sehingga perusahaan sudah tidak punya tanggungan ke pihak lain.

Selain itu, pengelolaan ini juga memudahkan anda dalam melihat riwayat transaksi dengan klien termasuk bukti transaksinya. Dengan begitu, dapat mengetahui dengan mudah utang serta piutang yang harus diterima oleh perusahaan. Anda juga bisa memanfaatkan fitur reminder yang disediakan oleh aplikasi tersebut untuk menyelesaikan pembayaran faktur.

  1. Manajemen Laba Rugi Nilai Tukar

Banyak perusahaan yang masih mengandalkan impor untuk memasok bahan atau barang produksi, sehingga nilai mata uang yang dipakai tentu bukan rupiah. oleh sebab itu, sering kali kesulitan untuk melihat laba atau rugi yang diperoleh dari transaksi tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi akuntansi telah menyediakan fitur itu untuk memudahkan pebisnis.

Anda bisa melihat besaran laba atau rugi dari nilai tukar mata uang setelah melakukan transaksi. Selain itu laba rugi yang sudah terealisasi dan belum terealisasi juga bisa dilihat dari software akuntansi ini. Nilai laba rugi yang terealisasi dapat dihitung secara langsung, sedangkan yang belum terealisasi ada dalam utang dan piutang yang dilihat di setiap akhir bulan.

Setiap perusahaan harus memiliki sistem pencatatan keuangan yang terstruktur agar dapat melihat perkembangan bisnis dengan baik. Melalui aplikasi akuntansi dari Soltius, anda bisa meninjau progress perusahaan dengan cukup mudah karena tersedia beberapa fitur penting. Oleh sebab itu banyak pengusaha yang mulai beralih ke sistem pencatatan satu ini.

Baca Juga: Ini Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi