Mengintip 3 Sektor yang Akan Terbantu Dengan Adanya Big Data, Yuk Cari Tahu Disini

Di Indonesia sendiri, mungkin anda akan cenderung jarang mendengar tentang istilah Big Data. Big Data Indonesia sendiri merupakan teknologi yang berisikan kumpulan data dengan ukuran yang besar dan selanjutnya dianalisis menggunakan teknologi untuk menghasilkan sebuah informasi. Banyak sektor pekerjaan yang dapat terbantu dengan teknologi satu ini. apa saja? simak disini!

Beberapa Sektor di Indonesia yang Akan Terbantu Oleh Penggunaan Big Data

  1. Pajak

Sektor pertama yang akan terbantu dengan penggunaan big data ini adalah dari sektor pajak. Hal ini dikarenakan kesadaran akan membayar pajak di masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu, Dirjen Pajak seringkali tak memenuhi target pendapatan pajak setiap tahunnya.

Namun, dengan adanya big data ini akan mampu mendorong untuk pendapatan pajak setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya fitur ini berguna untuk mengumpulkan daftar barang kekayaan dari masing masing jenis pajak yang dibayarkan. Sehingga akan membantu untuk mengoptimalkan pendapatan negara melalui pajak.

  1. Dalam Bidang Kesehatan

Big Data Indonesia juga memiliki peranan yang penting di dalam bidang kesehatan. Hal ini dikarenakan layanan kesehatan yang ada di Indonesia masih belum terintegrasi antara satu sistem dengan sistem yang lainnya. Sebab, masih menggunakan software yang berbeda beda dalam pencatatan data yang dimiliki oleh pasien.

Oleh karena itu, dengan menerapkan Big Data dalam sektor kesehatan ini akan menjadikan berbagai jenis data pasien dapat dengan mudah untuk terintegrasi. Tak hanya itu saja, seluruh informasi dari seluruh penduduk yang ada di Indonesia juga akan terpusat. Hal ini akan memudahkan untuk melakukan prediksi dari penyakit dan juga untuk mengetahui tingkat kesehatan dari masyarakat di Indonesia.

  1. Agrikultur

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara agraris, sehingga dengan hadirnya big data ini akan mampu membantu para petani atau pekerja di sektor agrikultur untuk meningkatkan kinerjanya. Sebab, berbagai data mengenai tanah akan bisa diakses dengan mudah dan terintegrasi.

Dengan adanya Big Data Indonesia, data dari kelembaban tanah, kondisi tanah hingga penanaman dan juga lainnya yang dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu akan bisa menjadi data yang besar. Dengan begitu, proses analisis pun akan bisa dilakukan petani dengan mudah. Bahkan bisa sebagai salah satu bentuk acuan dan prediksi kapan waktu yang tepat untuk memulai penanaman.

Itulah beberapa sektor atau bidang di Indonesia yang bisa mulai menerapkan penggunaan big data. dengan adanya sistem yang terintegrasi satu ini akan membuat lebih mudah di dalam melakukan berbagai pencarian data. selain itu, semua data dari waktu kapanpun dan dari jenis mana saja bisa terkumpul menjadi satu. Hal ini akan memudahkan anda untuk mencari data dari waktu ke waktu.