Mengintip 2 Jenis Prosedur Pada Metode Ekokardiografi Jantung

Ketika anda ingin melakukan metode ekokardiografi tentunya jenis prosedur yang dilakukan akan berbeda. Hal ini tergantung dari jenis ekokardiografi yang ingin untuk anda lakukan. Apabila anda ingin mengetahui bagaimana tahapan dan juga prosedur dari jenis jenis ekokardiografi ini, mungkin pembahasan satu ini akan menarik untuk disimak. Berikut ulasan selengkapnya.

Prosedur Yang Dilakukan Pada Ekokardiografi

  1. Transthoracic echocardiogram (TTE)

Untuk jenis prosedur yang pertama ini, nantinya penderita atau pasien akan diminta untuk berbaring diatas tempat tidur. Biasanya hal tersebut dilanjutkan dengan membuka baju atau melepasnya. Dengan begitu, elektroda akan bisa dipasang pada beberapa titik yang ada di dada pasien yang menjalani pemeriksaan.

Selanjutnya, dokter jantung yang bertugas melakukan pekerjaan satu ini akan mulai untuk mengoleskan gel pelumas yang ada di sekeliling dada. Dimana dokter  juga nantinya akan sekaligus menggerakan probe yang tersambung pada monitor. Kemudian nantinya gelombang suara yang terdapat dari elektroda dan juga probe akan terekam.

Sehingga dokter akan bisa melihatnya pada monitor yang berada tak jauh dari pasien tersebut. Salah satu metode ekokardiografi ini memungkinkan pasien untuk mendengarkan adanya suara yang berdesir ketika melakukan pemindaian. Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang normal dan tidak perlu untuk anda khawatirkan. Sebab,  probe memang sedang bertugas untuk menangkap aliran darah.

Selanjutnya, pasien pun nantinya akan diminta untuk melakukan tarikan napas yang Panjang ataupun menahan napas. Kemudian, pasien juga akan diminta untuk berbalik ke arah kiri sembari dokter menekan probe pada area dada. Dengan begitu, hal ini akan mampu membuat gambar menjadi tertangkap dengan jelas meskipun menimbulkan rasa tidak nyaman untuk sementara.

Baca Juga : Tips Mencegah Penyakit Jantung

  1. Transesophageal echocardiogram (TEE )

Metode ekokardiografi selanjutnya adalah Transesophageal echocardiogram (TEE ). Prosedurnya sendiri yakni setelah pasien berbaring, nantinya akan diberikan obat penenang berupa suntikan maupun semprotan dari bius lokal, sehingga nantinya dokter akan bisa memasukkan endoskopi ke mulut dan mendorongnya ke kerongkongan.

Kemudian, dalam prosedur satu ini juga telah dipasang alat pengukur tekanan darah dan juga tingkat oksigen maupun elektroda yang bertujuan untuk memantau bagaimana kondisi pasien selama masa tindakan. Tak hanya itu, setelah mendapatkan posisi yang pas nantinya dokter akan melakukan perekaman pada gambar jantung, termasuk katup dengan lebih rinci. Hal ini dilakukan melalui teknologi yakni gelombang suara.

Prosedur tersebut dilakukan berbeda beda sesuai dengan jenis dari ekokardiografinya. Metode yang dilakukan memang memiliki tujuan untuk mengetahui lebih lanjut apa yang terjadi di dalam jantung. Sehingga, jika pasien telah melakukan pemeriksaan sejak dini, hal tersebut akan menjadi salah satu cara untuk bisa mengantisipasi apabila terjadi penyakit yang berbahaya pada jantung. Untuk itu, sebaiknya jika anda mengalami keluhan segera datang ke dokter spesialis jantung.