asuransi kesehatan anak

Asuransi Kesehatan Anak dan Pembagian Manfaatnya

Tahukah Anda bahwa asuransi kesehatan anak penting untuk dimiliki oleh anak? Meski tidak langsung bisa merasakan keuntungan penggunaan asuransi kesehatan anak saat ini namun manfaat asuransi kesehatan ini dapat dirasakan di masa mendatang. Asuransi kesehatan anak dirancang khusus untuk kebutuhan anak-anak. Untuk lebih jelasnya Anda dapat menyimak informasi seputar asuransi kesehatan anak serta pembagian manfaatnya seperti berikut. 

Pengertian Asuransi Kesehatan Anak

Secara global asuransi kesehatan anak akan memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena musibah sakit ataupun kecelakaan. Bagi anak-anak yang kesehatannya belum stabil, asuransi kesehatan amatlah penting. Sebagai orangtua, Anda harus berperan menjadi orangtua yang siap siaga seperti halnya memberikan proteksi kepada buah hati Anda.

Baca Juga: Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik yang Wajib Klien Ketahui

Asuransi kesehatan anak adalah asuransi yang akan menggantikan keseluruhan biaya medis, yang mana berhubungan dengan proses perawatan, pengobatan dan penyembuhan pasien khususnya anak-anak. Adapun biaya-biaya yang digantikan oleh asuransi kesehatan tersebut antara lain biaya kamar rawat inap, biaya konsultasi dokter, biaya obat-obatan, biaya cek laboratorium, biaya kemoterapi, imunisasi dan biaya medis lainnya. Perusahaan penyedia asuransi kesehatan anak akan membayar secara penuh atau sampai pada batasan limit tertentu terhadap biaya medis yang ditimbulkan. 

Pembagian Manfaat Asuransi Kesehatan Anak

Pada hakikatnya pembagian asuransi kesehatan anak dan asuransi kesehatan umum memiliki persamaan pada pembagian manfaat yang diberikan. Manfaat tersebut terbagi menjadi dua yaitu asuransi rawat inap dan asuransi rawat jalan. 

Baca Juga: Perbedaan dan Pengertian Asuransi Kesehatan Murni dan Unit Link

  1. Asuransi rawat inap

Asuransi rawat inap ialah bagian dari asuransi kesehatan yang akan menggantikan biaya jika si pasien yang merupakan pihak tertanggung sakit serta harus melakukan perawatan secara kontinyu di rumah sakit atau klinik berobat lainnya. Sebuah contoh tentang pasien rawat inap yaitu pasien atau pihak tertanggung asuransi kesehatan yang mengalami sakit demam berdarah dengue. Rawat inap akibat penyakit demam berdarah dengue biasanya memerlukan waktu perawatan di rumah sakit hingga satu mingguan. 

  1. Asuransi rawat jalan

Asuransi rawat jalan ialah bagian dari asuransi kesehatan yang akan menggantikan biaya pengobatan yang dilakukan dalam suatu proses penyembuhan pasien atau pihak tertanggung asuransi kesehatan tersebut, akan tetapi tidak sampai memerlukan perlakuan khusus seperti rawat inap. Contoh tentang pasien rawat jalan adalah pasien yang terkena flu. Pasien tersebut hanya perlu pergi ke dokter saja untuk melakukan pemeriksaan dan pemberian obat. Setelah itu ia dapat segera pulang untuk beristirahat. 

Sebagai orangtua Anda harus selektif dalam memilih salah satu di antara dua manfaat asuransi kesehatan anak tersebut. Jika Anda memilih keduanya memang merupakan hal yang ideal. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. 

Demikian informasi seputar asuransi kesehatan anak serta pembagian manfaat yang dapat Anda berikan untuk anak Anda. Semoga berkenan. 

Artikel Lainnya: Pengertian Asuransi Kesehatan Sosial, Prinsip dan Simulasinya