luka diabetes

Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh, Apa Saja ?

Bagi penderita diabetes, luka kecil akan sulit untuk sembuh. Sehingga kondisi luka akibat diabetes ini akan membutuhkan perawatan khusus. Walaupun begitu, anda juga perlu mengetahui mengapa luka karena diabetes sulit untuk disembuhkan. Berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan luka diabetes membutuhkan waktu lama untuk pulih.

Penyebab Luka Diabetes Lama Untuk Sembuh

  1. Kadar Gula Darah Yang Tinggi

Bila kadar gula dalam darah terlalu tinggi juga bisa menyebabkan luka penderita diabetes tak kunjung sembuh. Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah secara cepat. Selain itu penyumbatan pembuluh darah ini juga bisa berpotensi menurunkan kadar oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga proses metabolisme bisa terganggu.

  1. Neuropati Diabetik

Penyebab luka diabetes lainnya adalah Neuropati diabetik. Neuropati diabetik adalah kondisi tubuh yang bisa muncul karena kandungan gula darah yang tinggi. Gula darah yang tinggi ini akan menyerang bagian syaraf  sehingga penderita diabetes akan kehilangan fungsi syarafnya. Hal inilah yang menjadi penyebab penderita diabetes seringkali merasakan kesemutan hingga mati rasa dibagian tubuh tertentu.

Bahkan pada beberapa kasus, penderita diabetes yang mengalami neuropati diabetik akan tidak sadar bila terjadi goresan luka pada kulit. Bila anda sudah mengalami gejala yang disebutkan tersebut maka akan disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut sehingga tidak menyebabkan luka bertambah parah.

  1. Sistem Imun Tubuh Yang Menurun

Sistem imun tubuh juga harus menjadi hal yang diperhatikan bagi para penderita diabetes. Tubuh disarankan harus tetap bugar dengan rajin berolahraga. Walaupun olahraga yang dilakukan tergolong ringan namun bila dilakukan rutin akan memberikan dampak yang baik untuk imun tubuh.

  1. Sirkulasi Darah Yang Tidak Lancar

Sirkulasi darah akan berhubungan dengan proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme tubuh yang berjalan lancar tentu akan membuat luka yang timbul di tubuh akan lebih cepat sembuh. Namun bila sirkulasi darah tidak berjalan normal maka hal ini lah yang menjadi penyebab luka tidak mudah untuk sembuh dan membutuhkan waktu yang lama.

  1. Terjadi Peradangan Pada Area Sekitar Luka

Luka akibat diabetes sulit untuk pulih salah satunya disebabkan karena terjadi peradangan. Peradangan pada daerah sekitar luka ini malah akan memperparah luka tersebut. Sehingga penting bagi pada penderita diabetes untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan selalu merawat daerah sekitar luka tersebut agar tetap bersih.

Penyakit dibetes bisa disebebkan oleh bayak faktor seperti gen atau turunan atau bahkan pola makan. Oleh karena itu menjaga pola makan seimbang dan menerapkan pola hidup yang sehat sejak dini bisa dilakukan sebagai ebntuk pencegahan diabetes. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga setiap hari ya, agar kesehatan tetap terjaga dan badan tetap ideal.