Merekam Suara Dengan Mic Wireless Terbaik? Lakukan Hal Ini Sebelum Perekaman Suara

Tips merekam suara dengan mic wireless terbaik – Bagi Anda yang ingin melakukan audio take atau melakukan perekaman suara sendiri untuk keperluan video, tentu memerlukan beberapa perlengkapan penting yang dapat mendukung keberhasilan perekaman audio tersebut. Namun selain kelengkapan peralatan, Anda juga memerlukan beberapa tips perekaman audio karena tak jarang hasil atau kualitas suara yang dihasilkan dari rekaman tersebut cenderung tidak maksimal.

Karena tak jarang banyaknya noise atau suara bocor yang seharusnya tidak ada di dalam audio, padahal kelengkapan peralatan bisa dibilang sudah sesuai standar perekaman audio yang baik. Untuk itu simak tips dari https://www.goshen.co.id/ perekaman suara untuk musik, dialog, voice over, sound FX, atau untuk keperluan apapun berikut ini.

Tips Perekaman Suara

Menemukan Ruangan yang Cocok

Ketika akan melakukan perekaman suara, disamping memerlukan perlengkapan perekaman audio mumpuni Anda juga harus mempersiapkan ruangan yang cocok. Karena tak boleh di sembarang tempat, Anda perlu melakukan perekaman suara di tempat yang sekiranya minim noise dan jauh dari kebisingan. Pilih ruangan yang berukuran sedang, tidak terlalu luas namun juga tidak terlalu sempit.

Sebisa mungkin pilih ruangan yang tidak menggunakan kayu sebagai alasnya karena lantai kayu merupakan komponen yang mudah memantulkan suara. Selain menghindari lantai kayu, Anda juga perlu menghindari ruangan yang memiliki pintu besi. Sama seperti alas kayu, pintu besi juga mudah memantulkan suara. Ruangan yang memiliki karpet juga merupakan ruangan yang baik untuk digunakan sebagai tempat perekaman. Karena ternyata karpet dapat membantu menyerap sebagian besar suara, sehingga karpet dapat membantu mengurangi pantulan suara.

 

Siapkan Peralatan Perekaman Suara

Setelah menentukan ruangan yang tepat sebagai lokasi perekaman suara, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan perekaman suara. Komponen penting yang harus Anda persiapkan adalah microphone. Anda dapat memilih jenis microphone yang sesuai dengan kebutuhan, namun jenis microphone yang kerap digunakan adalah mic wireless terbaik. Selain microphone, Anda juga memerlukan popping shield untuk mem-filter suara, dan juga software recording maupun editing.

 

Setting Ruangan yang Tepat

Setelah perlengkapan juga telah dipersiapkan, kini saatnya untuk men-setting ruangan tersebut. Meskipun ruangan yang Anda pilih jauh dari kebisingan, Anda tetap perlu men-setting beberapa benda yang terdapat di dalam ruangan tersebut agar suara yang dihasilkan bisa lebih jernih dan maksimal. Jika ruangan tersebut memiliki jendela kaca, tutupi dahulu jendela kaca dengan gorden. Karena jendela kaca dapat memantulkan suara-suara yang berada di sekitar jendela. Jika ruangan tersebut terbuat dari tembok beton, Anda perlu mempersiapkan sesuatu yang dapat menutupi tembok beton tersebut. Alasannya pun sama, karena tembok beton juga dapat memantulkan suara. Jika pada saat perekaman suara Anda masih mendengar suara bising, cobalah untuk menutupi celah pintu dengan menggunakan kain seperti selimut ataupun handuk.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan perekaman suara dengan mic wireless terbaik. Semoga hasil perekaman suara yang Anda lakukan memuaskan dan sesuai dengan harapan.