tips recruitment

Tips Meningkatkan Skill yang Akan Dilirik Recruitment Agency Jakarta

Memiliki Indeks Prestasi (IP) tinggi di kampus bukanlah acuan utama yang bisa membuat Anda diterima di dunia kerja. Lebih dari itu, perusahaan yang merekrut tentu sangat memerlukan skill, lebih dari sekadar nilai yang bagus.

Perlu disadari, skill itu seringnya tidak kita pelajari secara formal, tetapi ditajamkan dan dikembangkan melalui adanya kegiatan organisasi, pelajaran soal kepemimpinan, atau ketika bersosialisasi secara langsung dengan orang lain. Apapun bidang yang Anda suka, minimal ada 4 skill yang perlu ditajamkan sebelum menginjak dunia kerja apalagi jika Anda ingin berbagung dengan Recruitment agency Jakarta. Apa saja skill-skill itu? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Blogging

Menulis untuk kebanyakan orang ialah sesuatu yang paling menyenangkan. Selain dapat menumpahkan isi kepala lewat tulisan, bahkan kita juga dapat mencari pendapatan tambahan.

Dengan keterampilan ini, selain dapat menjadi seorang blogger, kita pun dapat mencoba menjadi book reviewer, content writer, menciptakan sebuah buku, menerjemahkan artikel, dan masih banyak hal lain lagi yang bisa kita lakukan.

Anda dapat meningkatkan skill menulis ini dengan mengikuti sekian banyak kelas baik secara gratis maupun berbayar yang sering diselenggarakan oleh komunitas atau lembaga non-formal. Namun yang sangat penting, kita perlu banyak berlatih untuk membuat konten berbobot yang memang digemari dan diperlukan para pembaca Anda.

  • Mengedit foto dan video

Saat ini, kita hidup di dunia digital, di mana YouTube, Instagram, Facebook, serta media-media lainnya paling membutuhkan visualisasi seperti foto dan video. Faktanya, media sosial kini tidak melulu menekankan soal teks. Oleh sebab itu, keterampilan ini adalah 1 dari 5 skill yang perlu ditajamkan sebelum menginjak dunia kerja.

Untuk mengedit foto, aplikasi utama yang dapat digunakan ialah Photoshop. Sementara itu, gunakanlah Final Cut Pro, Adobe Premiere, atau iMovie untuk mengedit video. Anda paling direkomendasikan untuk menjajal software-software lainnya sehingga keterampilan Anda dapat bertambah. Skill inilah yang banyak dicari oleh perusahaan Recruitment agency Jakarta untuk klien mereka.

  • Bahasa Inggris

Tingkatkan rasa percaya diri ketika berkeinginan melamar di perusahaan multinasional dengan keterampilan berbahasa Inggris yang baik. Jika Anda ialah orang yang rajin, barangkali Anda dapat belajar sendiri lewat YouTube, sembari mempraktikannya dengan orang-orang di dekat Anda.

Namun, andai Anda perlu bimbingan dan ingin lebih disiplin ketika belajar bahasa Inggris, ada banyak lembaga bahasa inggris yang dapat membantu Anda dalam melancarkan bahasa internasional tersebut. Masing-masing lembaga mempunyai metode pengajaran yang bertolak belakang dan pilihlah yang cocok sesuai kebutuhan Anda untuk memasuki Recruitment agency Jakarta.

  • Public Speaking

Public speaking adalah salah satu skill yang perlu ditajamkan sebelum menginjak dunia kerja. Ketahuilah, berbicara di hadapan orang lain adalah hal yang sangat sulit bagi sebagian orang. Jika tidak terbiasa, hati-hati, orang yang kita ajak bicara dapat jadi kehilangan minatnya untuk berbicara dengan kita.

Tentu urusan ini tidak baik bila Anda sedang bernegosiasi, meeting dengan klien, mengerjakan presentasi di hadapan banyak orang, bisa juga ketika sedang interview kerja. Lantas, bagaimana melatih keterampilan public speaking? Sering-seringlah bercermin dan banyaklah berlatih. Di samping itu, jangan jenuh untuk membual dengan orang baru. Jika merasa gugup, tarik napas dan tetaplah tenang. Tidak usah terlalu berpikir soal bagaimana lawan bicara merespon kita nantinya. Yang terpenting adalah latihan dan latihan.

Baca juga : Skill Wajib Bagi Perusahaan Digital Agency