Bobot Karkas Ayam Broiler

4 Cara Memaksimalkan Bobot Karkas Ayam Broiler

Bobot karkas ayam broiler berbeda-beda. Ada yang rendah namun ada juga yang melampaui batas normal. Jika bobot karkasnya rendah maka harga dari daging karkas tersebut juga rendah. Sebagai peternak ayam broiler tentunya menginginkan daging karkas peternakannya bisa mencapai ukuran normal, namun tidak semua keinginan peternak tersebut bisa direalisasikan. Ada beberapa peternak yang harus menanggung kerugian dikarenakan daging ayam broiler peternakannya tidak maksimal atau jauh dari kata normal. Hal ini membuat konsumen menjadi tidak mau membeli daging karkas tersebut. Supaya tidak mengalami kerugian dikarenakan bobot karkas ayam yang terlalu kecil, simak cara memaksimalkan bobot karkas ayam broiler berikut ini:

Manajemen Pakan yang Baik

Berat karkas ini tergantung dengan perawatannya selama di peternakan. Jika perawatan selama di peternakan maksimal maka bobot karkas tersebut pun akan maksimal. Peternak tidak boleh mengabaikan perawatan ayam broiler selama di peternakan sebab maksimal atau tidaknya perawatan ayam tersebut terlihat dari masa finishernya dimana ayam broiler tersebut siap untuk dipanen. Cara untuk memaksimalkan bobot karkas ayam broiler yang penting diperhatikan peternak adalah manajemen pakan yang baik. Tanpa manajemen pakan yang baik ini bisa membuat tumbuh dan kembang ayam menjadi tidak maksimal.

Khusus ayam layer maupun broiler memang pakan sangat berpengaruh terhadap bobot dan tumbuh kembangnya. Berikan pakan yang bernutrisi tinggi, kemudian pastikan jika ayam tersebut mendapatkan takaran pakannya masing-masing. Pakan yang tidak merata akan menyebabkan tumbuh dan kembang ayam pun menjadi tidak merata.

Sukses Memelihara DOC

Memaksimalkan bobot karkas ayam broiler bisa dengan memelihara DOC dengan baik dan maksimal. Kegagalan dalam merawat DOC bisa membuat kegagalan pada dua periode setelahnya yaitu grower dan juga finisher. Untuk bisa sukses dalam memelihara DOC ini ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan mulai dari kandang dan pakannya. Membeli DOC yang berkualitas super akan membantu peternak dalam merawat DOC di peternakan. Jangan membeli DOC dengan kualitas rendah atau tanpa grade karena daya survive juga rendah.

Probiotik

Saat ini probiotik menjadi kunci kesuksesan dalam peternakan ayam broiler. Probiotik memiliki manfaat yang luar biasa untuk tumbuh dan kembang ayam broiler di peternakan. Ayam broiler yang diberikan probiotik setiap harinya sejak masa starter sampai masa panen terbukti memiliki tumbuh kembang yang bagus dan daya tahan terhadap penyakit tinggi. Yang paling berasa dari penggunaan probiotik adalah hemat biaya pakan karena saluran pencernaan ayam broiler bisa menyerap pakan dengan sempurna dan tidak banyak terbuang lewat kotoran.

Vaksin

Supaya bobot ayam karkas menjadi maksimal peternak harus mencegahnya dari penyakit. Vaksin menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan peternak untuk bisa mencegah penyakit yang membahayakan untuk tumbuh dan kembang ayam. Penyakit pada ayam broiler bisa menular dengan cepat bahkan ada yang tidak bisa diobati. Oleh sebab itu vaksin diperlukan untuk menjaga kesehatan ayam.

Ciri Ayam Broiler Berbobot Rendah

Bobot ayam broiler periode finisher tidak akan jauh beda dengan ketika dijadikan karkas yang mana sudah dihilangkan bulu, jeroannya dan lain sebagainya. Peternak bisa mengetahui apakah nantinya bobot karkas ayam tersebut maksimal atau rendah berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki oleh ayam broiler tersebut. Ayam yang memiliki bobot rendah bobot karkasnya juga akan renddah, cirinya tubuh ayam tampak kerdil, dada kurus, ayam lesu, dan cara paling tepat untuk mengetahui bobotnya dengan dilakukan penimbangan bobot ayam secara berkala.

Bobot ayam karkas berpengaruh terhadap pendapatan yang akan didapatkan oleh peternak. Banyak peternak yang khawatir jika bobot karkas yang dihasilkan jauh dari bobot normal dan membuatnya menanggung kerugian. Oleh sebab itu untuk membuat bobot karkas ayam broiler maksimal peternak harus memaksimalkan pemeliharaannya selama di peternakan supaya kerugian tidak terjadi.

Baca juga : 4 Cara Budidaya Ayam Broiler Organik Agar Berhasil

Leave a Reply