cara ternak ayam

5 Cara Ternak Ayam Tanpa Bau dan Kotor

Bisnis ayam memang identik dengan bau baik dari makanan yang diberikan kepada ayam tersebut maupun kotoran yang dihasilkan. Maka jangan heran di wilayah padat penduduk banyak yang tidak setuju jika didirikan bisnis peternakan ayam. Oleh sebab itulah tempat yang cocok untuk mendirikan bisnis ayam adalah yang jauh dari pemukiman penduduk karena operasionalnya tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat atau penduduk yang ada di sekitarnya.

Kini berkat teknik peternakan yang semakin berkembang, membuat ada beberapa cara yang bisa dilakukan peternak untuk meminimalisir bau di peternakan ayam. Cara ini akan membuat kandang ayam baunya tidak terlalu menyengat. Berikut ini ada beberapa cara ternak ayam tanpa bau dan kotor yang bisa dilakukan:

Bersihkan Sisa-Sisa Pakan

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh peternak yang ingin membuat kandangnya terhindar dari bau adalah bersihkanlah sisa-sisa pakan yang diberikan kepada ayam. Sisa-sisa pakan ini jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap apalagi jika sisa makanan tersebut sampai menumpuk membuat bau di kandang dan di lokasi peternakan menjadi tidak karuan. Peternak bisa membersihkan sisa makanan saat sore setelah ayam potong mendapatkan jatah pakannya. Berikan sekat di dalam kandang supaya pembersihan sisa pakan bisa dilakukan secara maksimal.

Lantai Tanah

Kesalahan ini masih banyak dilakukan oleh peternak dimana mereka mendirikan peternakan di atas lantai semen. Padahal lantai semen ini tidak bagus untuk peternakan ayam karena akan membuat pembersihan kotoran ayam menjadi kurang maksimal.

Sekam Padi

Jika tipe kandang di peternakan adalah panggung peternak bisa memberikan sekam di dalam kandang tersebut, namun jika kandang ayam langsung berlantaikan tanah jangan lupa juga lapisi lantai tanah tersebut dengan sekam padi. Sekam padi ini sangat bagus untuk membuat kotoran di dalam kandang tidak terlalu bau. Jika kandangnya saja baunya bisa diminimalisir maka lingkungan yang ada di sekitar kandang juga tidak akan mencium bau kotoran ayam tersebut. Gantilah sekam padi secara teratur maksimal tiga kali dalam sehari.

Probiotik

Cara ternak ayam tanpa bau dan kotor yang belum banyak diketahui oleh peternak adalah penggunaan probiotik. Probiotik ini menjadi langkah jitu supaya bau di peternakan ayam bisa diminimalisir. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?, alasannya adalah probiotik bisa mencegah dan mengatasi berbagai macam masalah di pencernaan ayam. Masalah pada pencernaan ayam ini akan membuat kotoran ayam berbau. Selain bisa meminimalisir bau pada kotoran ayam probiotik ini bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi pakan di tubuh ayam.

Baca Juga : Cara Budidaya Ayam Broiler Organik

Ramuan Alami

Untuk bisa meminimalisir bau pada kotoran ayam, peternak bisa menggunakan ramuan alami yang mana murah meriah namun terbukti efektif untuk mengatasi bau pada peternakan. Ramuan alami ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan pada ayam. Masalah pada pencernaan tersebutlah yang mana akan membuat bau pada kotoran ayam. Tidak hanya itu saja, ayam akan memiliki kotoran yang basah dan bau jika pencernaannya terganggu.

Kerugian Lingkungan Peternakan yang Bau dan Kotor

Ada banyak kerugian yang bisa didapatkan peternak jika tidak bisa menjaga lingkungan peternakannya dengan baik. Lingkungan bau dan kotor ini menjadi tanda bahwa peternak tidak bisa melakukan teknik peternakan ayam dengan baik dan benar. Kerugian pertama yang bisa didapatkan oleh peternak adalah pertumbuhan virus dan bakteri karena sanitasi yang tidak terjaga dengan baik. Hal ini akan membuat ayam akan mudah terkena penyakit. Selain itu lingkungan peternakan ayam yang bau dan kotor akan menimbulkan protes dari tetangga sekitar terutama jika peternakannya didirikan di padat penduduk.

 

Demikianlah cara ternak ayam tanpa bau dan kotor yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Sharing post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.