Gejala Penyakit Jantung pada Wanita

4 Gejala Penyakit Jantung pada Wanita

Jantung merupakan organ yang penting sebagai penyokong hidup Anda. Jika jantung Anda mengalami gangguan, maka hal tersebut akan mempengaruhi kelangsungan hidup Anda. Terutama wanita, penyakit satu ini merupakan penyakit yang jauh lebih mematikan dibanding kanker. Untuk itu, Anda selaku wanita wajib mengetahui gejala penyakit jantung pada wanita yang berbeda dengan pria.

Anda Merasakan Nyeri pada Dada

Gejala penyakit jantung pada wanita yang pertama disebut dengan angina. Angina merupakan kondisi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit jantung pada bagian dada. Penyakit jantung ini menyerang wanita dengan menimbulkan gejala yang berbeda dari pria. Pada wanita timbulnya rasa nyeri tersebut seringkali menyebar di bagian kedua dada hingga rahang kepala Anda. Selain itu rasa nyeri tersebut juga menjalar hingga leher, tenggorokan hingga bahu Anda. Tidak jarang juga yang mengalami sensasi seperti terbakar pada bagian tubuh yang merasa nyeri tersebut apabila mendapatkan sentuhan. 

Anda Mengalami Sesak Napas

Gejala penyakit jantung pada wanita selanjutnya adalah sesak napas. Gejala ini merupakan gejala umum yang menyerang banyak penderita penyakit jantung. Biasanya gejala ini dirasakan dengan mendadak. Sesak napas tersebut mirip halnya seperti ketika Anda usai melakukan kegiatan fisik yang berat seperti angkat batu,lari jauh dan sebagainya. Padahal dalam kondisi tersebut Anda sedang tidak melakukan aktifitas apapun. 

Selain itu, kesulitan bernapas yang paling dapat Anda rasakan ketika Anda ada dalam posisi tiduran. Meski halnya pada posisi duduk dan berdiri Anda juga akan merasakan gejala ini, intensitas rasa sesak napas akan lebih Anda rasakan ketika tiduran. 

Baca Juga : Tips Mencegah Penyakit Gagal Jantung

Anda Merasa Nyeri pada Ulu Hati

Nyeri pada ulu hati merupakan gejala penyakit jantung pada wanita berikutnya. Berbeda dari sesak napas, rasa nyeri ini akan muncul pada organ hati Anda. Gejala penyakit jantung satu ini sangat mirip dengan gejala penyakit asam lambung atau maagh. Perasaan yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut seumpama sedang diikat kuat dengan tali pada bagian ulu hati Anda. Rasa sakit ini juga kerap kali diikuti dengan rasa mual dan muntah. Jika sudah demikian, Anda sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli jantung untuk memperoleh informasi yang valid mengenai kondisi kesehatan Anda. 

 

Anda Mudah Merasa Lelah 

Jika Anda mudah merasa lelah atau gampang kelelahan, bisa jadi Anda terkena penyakit jantung. Gejala penyakit jantung pada wanita satu ini merupakan gejala yang juga umum dirasakan oleh banyak pengidap penyakit jantung di belahan dunia manapun. Perasaan mudah lelah tersebut muncul bahkan ketika Anda sedang tidak melakukan kegiatan atau aktifitas apapun. Jika sudah begini, patut Anda waspadai. Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter ahli jantung untuk mendapatkan informasi lebih valid mengenai kesehatan Anda. Banyak orang yang mengharapkan Anda tetap sehat, lho!

Itulah 4 gejala dari penyakit jantung pada wanita yang dapat Anda simak. Semoga Anda selalu diberi kesehatan dan ada baiknya Anda melakukan antisipasi guna menghadapi teror penyakit mematikan tersebut.

Artikel Kesehatan Lainnya: