sikat gigi manual atau elektrik

Family Dental Care: Pilih Sikat Gigi Manual Atau Electric?

Inovasi di bidang kesehatan gigi dan family dental care terus dilakukan. Salah satunya dengan adanya sikat gigi electric yang menggunakan tenaga baterai untuk membantu membersihkan gigi. Tapi keberadaan sikat gigi ini masih belum terlalu diminati, karena kecenderungan menggunakan sikat manual. Nah apa sih sebenarnya perbedaan kedua jenis sikat gigi tersebut? Dan manakah yang harus dipakai untuk menjaga kondisi gigi?

Ini Plus Minus Sikat Gigi Manual Dan Electric

Kalau dilihat dari segi bentuk, mungkin hampir sama antara sikat gigi manual dan electric yaitu untuk membersihkan gigi sesuai prosedur family dental care, perbedaan terletak pada cara menggunakannya. Jika manual, perlu bantuan tangan untuk menyikat seluruh bagian gigi hingga bersih, sementara electric bekerja sendiri dengan kecepatan tertentu di seluruh bagian gigi.

  • Plus Minus Sikat Gigi Manual

Plus dari menyikat gigi menggunakan sikat manual adalah dapat lebih detail menggosok bagian-bagian tersembunyi dari gigi, karena dikontrol oleh tangan. Selain itu, desainnya lebih beragam, sehingga dapat dipilih sesuai kondisi gigi. Dan yang tak kalah penting adalah, harganya yang relatif murah.

Minusnya jika dikaji dari segi family dental care adalah Anda butuh kekuatan dan waktu ekstra untuk menggosok gigi agar semua bagian gigi bersih dari kotoran. Jika Anda hanya punya waktu sedikit, tentu hasilnya kurang maksimal.

Baca Juga: Cara Merawat Gigi Palsu yang Benar

  • Plus Minus Sikat Gigi Electric

Plusnya adalah waktu kerja terbilang singkat, karena kecepatan putarannya yang pastinya membuat gigi bersih maksimal dan meminimalisir karang gigi di area tertentu. Juga tidak membuat tangan pegal, sebab control berada pada putaran sikat bertenaga baterai. Jenis sikat ini dipakai segala umur.

Minusnya harga yang mahal, ukuran yang lebih besar ketimbang sikat manual, serta kurang mampu menyikat di area sulit, sehingga meninggalkan sisa kotoran.

Berdasarkan informasi di atas, sebenarnya kedua jenis sikat tersebut memiliki fungsi yang hampir sama. Tinggal Anda memilih sesuai kebutuhan untuk menerapkan family dental care. Banyak dokter gigi juga tidak berpihak pada salah satu jenis sikat, intinya adalah bagaimana memilih desain dan komposisi bulu sikat yang nyaman bagi gigi Anda. Ayo..Anda pilih yang mana?

Artikel Lainnya: Apa yang dimaksud dengan veener gigi?