4 Kriteria Sabun Bayi yang Baik untuk Bayi

4 Kriteria Sabun Bayi yang Baik untuk Bayi

Menentukan jam mandi yang baik untuk bayi serta menggunakan produk yang aman adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memandikan si kecil. Saat ini sudah banyak pilihan merek sabun bayi yang beredar dipasaran dan tentu untuk memilih perlengkapan mandi bayi terbaik para ibu harus mengetahui apa saja kriteria sabun yang aman untuk bayi. Simak ulasannya disini.

 Kriteria Sabun Bayi yang Baik

  1. Bebas Bahan Kimia Berbahaya

Melihat komposisi bahan pembuat sabun merupakan salah satu tahapan penting yang jangan sampai terlewatkan. Jangan hanya karena komentar positif yang anda lihat melalui iklan anda sudah sangat mempercayai produk tersebut. Ibu bisa searching terlebih dahulu bahan bahan apa saya yang tidak baik terkandung dalam sabun bayi.

Bahan yang berbahaya bisa menyebabkan kulit bayi yang masih sensitive menjadi teriritasi. Beberapa bahan sabun yang harus ibu perhatikan adalah DMDM Hydantoin, DEA, MEA, TEA, fragrance, dan sebenarnya masih banyak lagi. Fragrance atau pewangi ternyata tak semuanya cocok untuk bayi. Pilihlah aroma yang segar dan berasal dari bahan alami agar lebih aman.

  1. Gunakan Sabun yang pH nya Seimbang

Tak hanya memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi, ibu juga harus memperhatikan pH sabun yang baik untuk kulit si kecil. pH yang tidak seimbang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.  Skor terendah pH adalah 1 dan paling tinggi adalah 14. pH netral berada di kisaran nilai 6 atau 7. Kadar pH sangat diperhatikan karena dapat berpengaruh pada kulit bayi terutama new born.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memperhatikan Tingkat pH Ketika Membeli Sabun Bayi

  1. Hindai Sabun yang Memiliki Kegunaan Antibakteri

Jika anda hendak memilih sebuah sabun untuk anak, jangan pilih sabun yang memiliki fungsi anti bakteri. Sabun anti bakteri merupakan produk yang baik jika digunakan untuk orang dewasa, namun kulit bayi yang masih rentan dapat terpengaruh oleh kandungan keras yang ada didalamnya.  Sabun anti bakteri biasanya mengandung alkohol yang bersifat iritan untuk kulit bayi.

  1. Gunakan Produk yang Hypoallergenic

Pilihan sabun yang baik adalah sabun yang memiliki kandungan hypoallergenic. Kandungan hypoallergenic dapat meminimalisir kemungkinan iritasi kulit akibat alergi. Bahan bahan hypoallergenic semuanya aman untuk kulit bayi. Alih alir memilih produk hanya dari ketenarannya saja, pilihlah produk yang jelas aman untuk si kecil.

Sabun yang aman akan membuat kulit bayi menjadi lebih terjaga. Tak hanya itu, para ibu bisa dengan tenang saat memandikan si kecil. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi agar bayi anda tetap sehat. Janganlah terlalu sering memandikannya dan juga jangan terlalu lama karena kondisi bayi masih sangat rentan.

Demikianlah 4 tips yang bisa anda perhatikan saat ingin memilih sebuah sabun untuk si kecil. Coba pula buka blog Mitu Baby Care karena disana terdapat beberapa informasi yang pastinya berguna untuk anda. Informasi tersebut bisa menjadi panduan untuk merawat bayi anda. 

Artikel Lainnya: 4 Kesalahan Penggunaan Tisu Basah Untuk Kulit Buah Hati Yang Wajib Dihindari