Ini Dia 4 Kelebihan Sekolah Offline dibandingkan Online

Ini Dia 4 Kelebihan Sekolah Offline dibandingkan Online

Sekolah offline dengan tatap muka masih penting dilakukan. Memang saat ini banyak yang memilih sekolah online namun pertemuan tatap muka ini juga penting dilakukan. Akibat pandemi Covid-19 ini banyak dilakukan pembatasan terutama dalam dunia pendidikan. Pembatasan dilakukan agar virus Corona ini tidak semakin menyebar. Bisa dibayangkan jika virus semakin menyebar akan banyak korban jiwa dan waktu pemulihan cukup lama. Pembelajaran online memang jauh menghemat waktu dan waktu belajarnya lebih fleksibel namun sekolah secara offline tidak bisa dihilangkan begitu saja. Berikut ini ada beberapa kelebihan sekolah offline yang penting Anda perhatikan:

Tidak Membutuhkan Kuota yang Besar

Salah satu kekurangan belajar secara online adalah bergantung pada kuota dan jaringan internet. Oleh sebab itu siswa atau murid yang tidak memiliki jaringan internet yang stabil akan menyebabkan belajar menjadi terganggu. Saat pembelajaran online memiliki masalah maka pembelajaran offline ini bisa menjadi solusinya. Belajar tatap muka atau offline tidak membuat Anda kehilangan kuota sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Menunjang Aktivitas Fisik yang Lebih Baik

Yang tidak akan didapatkan dari sekolah online adalah aktivitas fisik sehingga dengan kelas offline ini siswa bisa memiliki aktivitas fisik menjadi lebih bagus lagi. Jarang melakukan aktivitas fisik ini akan menyebabkan mood buruk, mudah mengalami stress dan tentunya tidak bagus untuk kesehatan jika dilakukan dalam jangka panjang.

Memudahkan Interaksi Sosial

Sekolah tatap muka ini penting karena interaksi melalui laptop dengan interaksi secara langsung ini berbeda. Ada siswa yang tidak malu saat di depan layar namun saat pertemuan secara langsung mereka malu sehingga interaksi sosial secara langsung sangat diperlukan. Siswa bisa tahu bagaimana cara berbicara dengan teman dan guru secara langsung.

Tidak hanya itu saja pendidikan karakter, adab, tata krama dan sopan santun tidak bisa dilakukan dengan cara online namun bisa dilakukan dengan cara offline. Pendidikan seperti itu tidak hanya secara teori saja namun dengan cara melihat dan mempraktekan secara langsung.

Mengejar Ketinggalan

Dengan tatap muka secara offline siswa akan bisa mengejar ketinggalannya dimana mereka bisa bertanya secara langsung, melihat pengerjaan dan pemecahan soal secara langsung sehingga siswa akan bisa lebih fokus dan mengejar ketertinggalannya.

Pilih Pembelajaran yang Seimbang dan Blended

Pembelajaran online memang lebih praktis namun ada baiknya jika diimbangi dengan pembelajaran offline dan tatap muka. Hal itu karena tidak semua murid bisa mencerna dan memahami apa yang disampaikan dengan cara online. Dengan tatap muka ini murid atau anak bisa mengejar ketertinggalannya saat belajar online. Mereka bisa menanyakan apa yang belum jelas di kelas offline ini.

Anda bisa mendaftarkan anak kesayangan Anda di Sekolah Murid Merdeka atau SMM. Sekolah satu ini begitu inovatif dan fokus pada metode pembelajaran blended learning. Metode ini menggabungkan antara online dan offline. Selain anak belajar sekolah online, mereka juga bisa merasakan keseruan sekolah offline, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.