Speaker

Mengenal Apa Itu Speaker dan Membedakan Jenisnya

Bagi Anda penggemar musik maupun film tentu sudah sangat akrab dengan perangkat speaker. Hal ini dikarenakan speaker bisa menghadirkan sensasi audio yang lebih hidup saat Anda mendengarkan musik atau menonton film. Meskipun telah akrab karena menggunakannya dalam aktvitas sehari-hari, namun sudah tahukah Anda tentang apa itu speaker? Kemudian, ada berapa macam jenis speaker? Jika Anda belum mengetahuinya, deskripsi berikut ini mungkin akan menambah wawasan.

Apa itu speaker?

Speaker adalah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara, baik dari komputer, DVD Player, MP3 Player maupun handphone. Suara yang dihasilkan oleh speaker ini dapat berasal dari pemrosesan sinyal elektrik ke frekuensi audio. Secara umum, jenis speaker dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu aktif dan pasif.

 

Definisi speaker aktif dan pasif

Speaker aktif merupakan perangkat pengeras suara yang sudah dilengkapi dengan power amplifier di dalam sebuah box atau enclosure. Dengan demikian, speaker aktif tidak membutuhkan tambahan power amplifier. Sedangkan, jenis speaker pasif belum dilengkapi dengan power amplifier. Jadi, agar speaker pasif bisa berfungsi maksimal maka Anda harus melengkapinya dengan power amplifier.

Macam-macam speaker

  1. Woofer

Fungsi utama dari jenis speaker yang satu ini adalah untuk menghasilkan nada rendah atau suara bass. Speaker woofer biasanya mempunyai frekuensi suara berkisar antara 60 Hz sampai dengan 250 Hz. Ukuran speaker woofer yang beredar di pasaran sangat beragam. Tapi, umumnya berukuran 4, 6 dan 8 inchi.

  1. Sub Woofer

Speaker sub woofer memang didesain khusus untuk menghasilkan audio yang rendah dengan frekuensi 20-200 Hz. Agar dapat menghasilkan frekuensi yeng rendah, speaker ini memerlukan standar tertentu yang disebut THX. THX merupakan sertifikasi yang ada pada sound system. Ukuran speaker yang biasa ditemui adalah 10, 12 dan 15 inchi.

  1. Midbass

Speaker yang satu ini sering disebut dengan istilah midwoofer. Rentang suara yang dihasilkan oleh speaker midbass ini berada diantara rentang 80-350 Hz. Suara yang dihasilkan oleh jenis speaker ini cenderung menengah hingga rendah. Kondisi ini tidak terlepas dari ukuran speaker yang memang kecil karena hanya berukuran 5-7 inchi.

Jadi, apa itu speaker? Jika telah membaca uraian di atas Anda tentu bisa menjawab pertanyaan tersebut. Secara sederhana, speaker diartikan sebagai perangkat keras yang mampu mengeluarkan suara dari media komputer, handphone, MP3 player hingga DVD player. Kemudian, speaker juga terdiri dari dua macam yaitu aktif dan pasif dimana perbedaan keduanya terletak pada ada tidaknya amplifier. Terakhir kedua speaker ini akan dibedakan kembali menjadi bermacam-macam jenis. Kamu bisa dapatkan speaker dengan kualitas terbaik hanya di www.bliaudio.com

Leave a Reply