asuransi kesehatan

Perbedaan dan Pengertian Asuransi Kesehatan Murni dan Unit Link

Meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya asuransi kesehatan pada akhirnya diikuti dengan pertumbuhan jasa asuransi kesehatan. Pada umumnya, terdapat dua jenis jasa asuransi kesehatan yang digunakan oleh masyarakat yaitu murni dan unit link. Kedua asuransi ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, sebelum menentukan pilihan penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Dibandingkan dengan jasa asuransi murni, unit link dianggap lebih menguntungkan dari segi finansial karena adanya kemungkinan profit. Sebaliknya, apabila dilihat dari segi proteksi kesehatan maka pelayanan jasa asuransi murni tentu lebih baik. Lalu, apakah pengertian asuransi kesehatan unit link dan murni serta dimana letak perbedaan keduanya? Berikut ini adalah uraian lengkapnya.

Definisi asuransi kesehatan murni

Berbeda halnya dengan unit link, asuransi kesehatan murni hanya memberikan proteksi kesehatan kepada nasabahnya. Dengan demikian, tidak ada potensi keuntungan yang akan Anda peroleh dari pembayaran sejumlah premi. Ketika Anda membayarkan premi, maka dana tersebut akan disimpan untuk digunakan ketika terdapat klaim.

Apabila Anda tidak melakukan klaim hingga waktu perjanjian berakhir, maka premi yang sudah dibayar dapat ditarik kembali. Terkait pengembalian premi terdapat dua versi jasa asuransi murni yang perlu diketahui. Pertama, jasa asuransi bersedia untuk mengembalikan premi tersebut dalam jumlah tetap. Kedua, pihak asuransi kesehatan memberikan potongan dengan persentase tertentu sebagai biaya administrasi dari premi.

Pengertian asuransi kesehatan unit link

Jenis asuransi kesehatan unit link akan memberikan nasabahnya layanan proteksi dan investasi. Jadi, premi yang Anda bayarkan secara rutin mengandung tabungan yang nantinya bisa diuangkan. Biasanya, proses pencairan dana dapat Anda lakukan setelah masa proteksi berakhir. Namun, bila pencairan dana dilakukan untuk keperluan penanganan musibah, maka jumlahnya sesuai dengan yang tertera di polis.

Pembayaran premi asuransi kesehatan unit link memang lebih mahal. Alasannya adalah karena Anda juga memperoleh dana investasi selain uang pertanggung jawaban. Berbeda dengan uang pertanggung jawaban, dana investasi ini sifatnya fleksibel karena bisa dicairkan sewaktu-waktu. Umumnya, proses pembayaran premi akan Anda lakukan setiap bulan.

Setelah itu, premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke berbagai sektor investasi. Dengan demikian, disamping memperoleh proteksi kesehatan Anda juga berpotensi mendapatkan keuntungan. Jadi, dapat dikatakan bahwa uang yang Anda bayarkan akan meningkat jumlahnya jika menjadi nasabah asuransi kesehatan unit link.

Perbedaan asuransi kesehatan murni dan unit link

Sebenarnya, pada pembahasan sebelumnya secara sekilas Anda sudah mengetahui perbedaan keduanya dari pengertian asuransi kesehatan murni dan unit link. Singkatnya, perbedaan dari keduanya dapat dilihat dari ruang lingkup layanan yang diberikan kepada nasabah. Selain aspek tersebut, ternyata masih ada beberapa perbedaan lain dari kedua asuransi ini.

Kelebihan dan kekurangan asuransi murni

  • Ketika menggunakan asuransi murni, nasabah akan menikmati pembayaran premi yang lebih terjangkau. Selain itu, jangka waktu keterikatannya juga relatif singkat yaitu minimal satu tahun saja.
  • Namun, kekurangan jasa asuransi ini adalah adanya potensi dana hilang bila tidak dilakukan klaim. Disamping itu, jumlah dana juga stagnan hanya sesuai premi yang dibayarkan.

 

Kelebihan dan kekurangan asuransi unit link

  • Keuntungan yang Anda peroleh dari jasa asuransi unit link adalah dana tetap diperoleh meski tak ada klaim. Tidak hanya sekedar diperoleh, jumlahnya juga akan bertambah karena diinvestasikan.
  • Sementara itu, kekurangan dari pemilihan asuransi unit link adalah premi yang dibayarkan mahal. Kemudian, risiko kgagagalan dalam investasi sehingga dana bisa berkurang bahkan hilang. Tidak hanya itu, waktu pencairannya pun relatif lebih lama.

Sekarang, sebagian besar masyarakat sudah menyadari betapa pentingnya asuransi kesehatan untuk masa depan dirinya dan keluarga. Oleh sebab itu, Anda juga harus segera mengikuti jejak mereka untuk segera menginvestasikan dana Anda di jasa asuransi kesehatan terbaik. Umumnya, ada dua jenis asuransi kesehatan yang bisa dipilih yaitu murni serta unit link.

Berdasarkan pengertian asuransi kesehatan di atas, bila Anda hanya ingin fokus pada proteksi kesehatan maka bisa memilih asuransi murni. Sebaliknya, jika Anda menginginkan keuntungan selain jaminan kesehatan maka pilihlah asuransi unit link. Jadi, kesimpulannya yaitu pilih jenis asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

Sharing post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.