manfaat asuransi kesehatan

Berikut ini 3 Manfaat Asuransi Kesehatan secara Umum

Persepsi masyarakat terhadap definisi asuransi kesehatan sebagai produk konsumsi guna masyarakat kelas atas atau yang mempunyai dana berlebih merupakan hal yang harus segera diluruskan. Manfaat proteksi kesehatan ini dapat dirasakan oleh semua kalangan. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat asuransi kesehatan secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut. 

 

Memberikan Anda Ketenangan

Peristiwa atau kejadian hari esok tidak ada seorangpun yang mengetahuinya, termasuk Anda. Terutama jika Anda sering bepergian atau memiliki pekerjaan yang cukup riskan mempengaruhi kesehatan Anda. Kehadiran perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan dapat membantu Anda dalam memberikan ketenangan. Manfaat asuransi kesehatan secara umum guna memberikan proteksi terhadap risiko ketidakpastian dan dipercaya secara lebih untuk mampu menaikkan rasa percaya diri bagi Anda secara personal. 

Perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan akan memberikan sebagian hingga keseluruhan biaya perawatan medis Anda selama sakit. Asuransi kesehatan atau yang juga lebih dikenal sebagai alternative pengendali kerugian (loss control) akan memberikan rekomendasi kepada Anda guna melakukan tindakan preventif dan penanggulangan kerugian yang Anda alami. 

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Anak dan Pembagian Manfaatnya

Sebagai Investasi dan Tabungan 

Investasi dan Tabungan merupakan bagian dari manfaat asuransi kesehatan secara umum. Jika Anda sudah mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis asuransi, maka Anda akan memperoleh jaminan atau kepastian pengembalian dana investasi pada berakhirnya masa kontrak. 

Asuransi kesehatan dengan maksud investasi akan memberikan Anda kelonggaran serta fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda terutama yang benar-benar meniatkan diri untuk memiliki asuransi kesehatan sekaligus dengan tujuan investasi atau menabung. 

 

Pemerolehan Manfaat Layanan Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan secara umum yang paling banyak dicari adalah pemerolehan manfaat layanan kesehatan. Meski tiap perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan berlomba-lomba dalam pemberian layanan kesehatan terbaik, namun secara global manfaat layanan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan tersebut antara lain sebagai berikut. 

  • Manfaat Layanan Kesehatan Rawat Inap

Jika Anda mengalami suatu kondisi tertentu yang mengharuskan Anda melakukan perawatan intensif oleh tenaga medis di rumah sakit, maka itulah yang dinamakan rawat inap. Di dalam asuransi kesehatan yang baik akan mengcover sebagian hingga keseluruhan biaya rawat inap Anda. Adapun manfaat layanan kesehatan rawat inap antara lain biaya kamar rawat, obat-obatan, tes laboratorium hingga konsultasi dokter.

  • Manfaat Layanan Kesehatan Rawat Jalan

Kondisi pasien rawat jalan adalah kondisi pasien ketika sakit dan tidak memerlukan pengawasan intensif oleh tenaga medis. Manfaat layanan kesehatan rawat jalan yang dapat Anda peroleh antara lain berupa konsultasi dokter umum maupun dokter spesialis, obat-obatan hingga pemeriksaan laboratorium.

  • Pencegahan Terhadap Penyakit 

Ini merupakan manfaat layanan kesehatan yang hanya dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan kesehatan yang sangat baik. Adapun manfaat pencegahan terhadap penyakit yang diberikan oleh asuransi kesehatan antara lain imunisasi atau vaksinasi hingga skrining kanker. 

Itulah 3 manfaat asuransi kesehatan secara umum yang dapat Anda simak dengan baik. Demi memperoleh layanan kesehatan yang baik, maka sebaiknya Anda segera mendaftarkan diri untuk ikut dalam asuransi kesehatan. Semoga proses pendaftaran asuransi kesehatan Anda berjalan lancar, ya!

Artikel Lainnya: Pengertian Asuransi Kesehatan Sosial, Prinsip dan Simulasinya