perusahaan modal ventura

Sukses Mengembangkan Bisnis dengan Peran Modal Ventura

Menjadi seorang pengusaha atau pebisnis memang tidak mudah, apalagi jika Anda memilih untuk menjadi pebisnis di bidang digital atau yang berkaitan dengan teknologi, seperti digital marketing agency, financial technology, dan startup di bidang serupa. Namun apakah Anda sudah pernah mendengar istilah modal ventura? Perusahaan modal ventura adalah pihak investor yang menawarkan pembiayaan usaha atau pemberian modal baru perusahaan rintisan atau startup di bidang tertentu.

Berikut ini keuntungan bagi UKM yang bergabung dengan perusahaan modal ventura.

 

  1. Pendampingan Usaha

Selain modal, tentunya UKM akan diberikan pendampingan usaha mulai dari bimbingan teknis, SDM, hingga manajemen. Sehingga Anda akan merasa memiliki partner dalam berbisnis dan mengembangkan bisnis bersama-sama. Dalam mempercepat pertumbuhan UKM tentunya diperlukan kerjasama yang erat antara pemilik perusahaan dan investor, sehingga pendampingan usaha ini diharapkan dapat mempermudah UKM mengalami pertumbuhan lebih cepat.

  1. Memperluas Jejaring Bisnis

Perusahaan modal ventura tentunya memiliki banyak link perusahaan yang juga telah menjadi partner bisnis mereka, sehingga akan lebih mudah bagi UKM Anda untuk memperluas jejaring bisnis untuk keperluan bisnis tertentu, misalnya untuk kebutuhan marketing, maka perusahaan modal ventura akan mencarikan perusahaan yang sekiranya dapat membantu pemasaran UKM.

  1. Mendapat Suntikan Semangat

Seperti yang telah disebutkan di awal, perusahaan modal ventura sebetulnya lebih dari sekedar investor yang memberikan modal, namun juga sebagai partner yang juga memiliki sifat yang bersahabat karena senantiasa memberikan dukungan moril serta motivasi untuk pertumbuhan bisnis. Perusahaan modal ventura juga sering kali memberikan solusi bagi permasalahan bisnis yang dihadapi.

  1. Ilmu dan Pengalaman yang Bertambah

Ilmu dan pengalaman perusahaan modal ventura tentunya dapat ditularkan kepada Anda sebagai pemilik UKM. Mereka tentunya sudah  mengantongi banyak pengalaman dalam berbisnis. Ilmu dan pengalaman membesarkan bisnis dari mereka adalah nilai yang tidak terhingga untuk perkembangan bisnis UKM Anda.

 

Itu tadi beberapa keuntungan yang bisa didapatkan selain tentu saja modal untuk keberlangsungan bisnis Anda. Pada dasarnya dalam merintis perusahaan tentu akan ada jatuh bangun yang sebetulnya merupakan proses yang sangat lumrah, apalagi perusahaan rintisan di bidang teknologi sangat banyak pesaingnya terutama di era digital saat ini.

Baca juga artikel mengenai bagaimana modal ventura dapat menumbuhkan startup indonesia : https://www.alphajwc.com/modal-ventura-mampu-menumbuhkan-startup-startup-indonesia-potensial/

Leave a Reply