tisu bayi

4 Kesalahan Penggunaan Tisu Basah Untuk Kulit Buah Hati Yang Wajib Dihindari

Tak jarang ibu ibu zaman sekarang lebih memilih tisu basah saat membersihkan kulit buah hatinya. Pilihan produk ini dikarenakan sangat praktis dan mudah dipakai, terutama saat ada di luar rumah. Anda tidak perlu memakai kain yang harus disimpan kembali atau dicuci agar tetap bersih. Akan tetapi, tak jarang menemui cara yang salah saat menggunakan tisu bayi karena kurangnya edukasi yang tepat. Yuk simak kesalahan yang wajib dihindari saat pakai tisu basah!

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memakai Tisu Basah

  1. Tidak Memperhatikan Jenis Tisu Basah

Tisu basah yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai varian dengan fungsi yang jauh berbeda. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan fungsi serta kandungannya agar tidak salah pemakaian. Penyeka kulit yang dijual secara bebas ini memakai bahan yang berbeda untuk produk orang dewasa dan bayi, sehingga tidak bisa disamaratakan. Produk untuk bayi tentu tidak mengandung alkohol, pemutih, atau pewangi agar tidak timbul ruam atau iritasi.

  1. Terlalu Keras Saat Mengusap Kulit Bayi

Tidak jarang, iritasi yang dialami oleh si kecil bukan karena produk yang dipakai melainkan cara penggunaan yang dilakukan ibu. Tisu bayi ini jadi salah satu hal yang dapat memicu iritasi kulit atau alergi, bila digosok atau diusap terlalu keras. Sebaiknya, ibu menyeka lebih lembut saat akan membersihkan kotoran di kulit buah hatinya. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar kotoran mudah terangkat dan tidak timbul alergi di kulit si kecil.

  1. Tisu Basah Dibiarkan Terbuka

Penyeka kulit satu ini mengandung banyak air, sehingga kotoran di kulit mudah diangkap dan tidak perlu membilasnya. Oleh sebab itu, anda harus memastikan tempat penyimpanan yang aman dan sejuk agar kandungan air tidak cepat hilang. Saat kandungan air di dalam tisu telah hilang, maka usapan ke kulit si kecil akan terasa kasar. Selain itu, wadah tisu basah yang terbuka juga jadi pemicu menempelnya bakteri dan kuman di permukaannya.

  1. Menyeka kulit Bayi yang Terkena Iritasi

Kulit bayi yang masih sangat sensitif sering kali menyebabkannya memiliki iritasi atau luka di beberapa bagian tubuh. Cara menangani yang tepat, yaitu segera membersihkannya dengan tisu bayi agar lebih praktis. Anggapan ini sangat salah karena hal tersebut harus dihindari agar tidak timbul infeksi atau luka yang semakin parah. Cara yang tepat, yaitu justru luka harus segera dibersihkan dengan air dan diobati agar cepat sembuh.

Orang tua modern sering kali beralih dari kain atau air ke tisu basah yang mengandung banyak air. Komposisi dari produk satu ini sangat praktis dipakai, terutama saat di luar rumah. Akan tetapi, dalam penggunaannya sering kali ditemukan kesalahan hingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti iritasi atau alergi di kulit si kecil. Tisu basah dari Mitu jadi pilihan yang tepat bagi anda agar tidak terjadi kondisi serupa karena produk ini non alkohol dan parfum.

Artikel Lainnya: