jenis audio sound system

Mengenal 2 Jenis Audio Sound System

Audio Sound System hadir dengan berbagai jenis dan spesifikasi yang berbeda. Ketika akan membeli sebuah audio sistem, pastikan Anda mendapatkan produk yang tepat sesuai kebutuhan. Setidaknya ada 2 jenis audio sistem yang dibedakan berdasarkan kebutuhannya di dalam ruangan atau di luar ruangan. Woofer merupakan jenis audio sistem yang tepat digunakan di dalam ruangan karena akan menangkap suara bernada rendah dengan lebih halus dan juga empuk.

Sedangkan audio sistem full range adalah jenis yang tepat untuk kebutuhan audio sistem di luar ruangan. Jenis audio ini akan menangkap suara dengan nada rendah maupun tinggi secara lengkap. Jadi tidak ada nada yang hilang, semuanya tertangkap secara full.

Kedua jenis audio tersebut tidak akan memberikan kualitas suara yang sempurna jika digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya. Seperti misalnya, untuk kebutuhan audio di luar ruangan Anda memilih menggunakan jenis audio woofer. Hasilnya suara yang terdengar tidak akan begitu jelas karena tidak seluruh nada ditangkap dengan sempurna. Sebaliknya, jika Anda menggunakan jenis audio full range untuk kebutuhan di dalam ruangan maka hasilnya suara yang dihasilkan akan cukup mengganggu. Audio Sound System full range akan menghasilkan suara dengan lebih keras namun tidak lembut.

Kebanyakan orang akan menggunakan sistem 5.1 jika sedang menggunakan audio woofer. Tujuannya adalah agar suara yang dihasilkan lebih sempurna seperti layaknya di dalam bioskop. Sistem 5.1 menggunakan 5 speaker dengan 1 woofer. 5 speaker yang digunakan akan menghasilkan suara halus dengan lebih jelas dan 1 woofer akan membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih menggelegar dengan sistem pengantar bass dalam.

Jika menggunakan untuk Televisi, Anda bisa meletakkan 3 spaeker pada sekeliling TV dan 2 speaker lainnya diletakkan pada bagian sebelah kanan dan belakang TV. Kebanyakan bioskop menggunakan sistem 5.1 untuk membuat penonton mendapatkan kualitas suara seperti nyata dari film yang sedang diputar. Dengan menggunakan sistem 5.1, Anda akan mendapatkan pengalaman full surround dari Audio Sound System.

Baca Juga : jenis-Jenis Speaker dan Pengertiannya

 

Leave a Reply